Seperti Apa Pengaruh Tagar #FestivalKotaLama2018 di Media Sosial?


Seperti tahun sebelumnya yang menjadi media partner, kami kembali membuat data statistik dari tagar yang dikampanyekan selama acara berlangsung. Tahun ini, kami punya kabar baik pastinya.

Festival Kota Lama yang berusia 7 tahun ini digelar dari tanggal 20-23 September 2018 dengan mengusung tema 'Beda Masa Satu Rasa'.

Tagar #FestivalKotaLama2018

Fokus statistik ini pada tagar yang digunakan, yaitu #FestivalKotaLama2018. Sedangkan media sosial yang dipantau adalah Twitter dan Instagram.

Untuk memantau kedua media sosial ini, kami menggunakan cara sederhana dan gratis. Twitter menggunakan aplikasi gratisan, dan Instagram menggunakan cara manual. Pemantauan tagar di Twitter dilaksanakan dari tanggal 14-24 September. 

Tahun 2018 lebih baik

Kami membandingkan dengan statistik yang kami buat di tahun 2017 yang informasinya bisa dilihat dibagian akhir tulisan ini. Sementara kami mengambil perbandingan Twitter dan Instagram tahun lalu.

Dari total jumlah Tweet, tahun ini lebih banyak yang jumlahnya sekitar 245 tweet dibanding tahun 2017 yang jumlah tweet-nya hanya mencapai 130 tweet.

Untuk informasi seperti potential impacts, potential reach hingga contributors, angkanya naik 3 kali lipat. 

Kontribusi dotsemarang dan akun lainnya

Tahun 2017, akun kami bisa dikatakan sangat mendominasi beberapa kategori seperti most active, original tweets, Highest impact dan top photographers.

Untuk tahun 2018, dominasi kami masih berlanjut pada kategori most active, dan original tweets. Kategori highest impact kali ini dipegang akun mas Ganjar, Gubernur Jawa Tengah yang juga memegang kategori most popular.

Kategori top photographers meski akun dotsemarang tidak berada diperingkat pertama, akun lain kami yang fokus pada acara bertengger paling atas, yaitu @livedotsemarang.

Ada akun yang kami harapkan dapat memberikan bantuan kontribusi yang selalu bicara pariwisata, mengingat acara Festival Kota Lama masuk dalam kalender wisata kota Semarang dan menjadi agenda Internasional. 

Namun sayangnya, akun tersebut tidak ada dalam kategori statistik yang kami buat. Termasuk anggotanya yang sering aktif menyuarakan wisata. Dari pantauan kami, mereka hadir tapi tidak menggunakan tagar yang dalam bayangan kami, ini bisa jadi top trending Twitter.

Statistik Instagram 
Hingga tulisan ini kami buat, Selasa (2/10), jumlah tagar #FestivalKotaLama2018 mencapai 696 postingan. Ini melampaui target yang diharapkan tentunya.

Bila membandingkan dengan catatan kami di tahun 2017, jumlah foto yang diposting hanya 285 post. Bahkan, saat kami cek hari ini (2/10), jumlahnya hanya bertambah 1 post saja. Itu artinya hanya ada 286 foto untuk tagar #FestivalKotaLama2017. 

Statistik PDF via slideshare

Data statistik yang kami buat dalam bentuk PDF ini bisa kamu lihat di halaman Slideshare akun dotsemarang. Atau bisa langsung seperti gambar di bawah ini.


...

Kami membuat halaman ini bukan hanya dalam rangka bahwa kami sebagai media partner, namun memberikan informasi untuk semua orang yang harapannya tahun depan, semisal diadakan lagi, bisa mengagendakan hadir ke kota Semarang.

Data ini kami persilahkan diunduh dan dipergunakan untuk hal positif. Ayo ke Semarang!

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?