Sukses MXGP di Semarang, Seperti Apa Statistiknya di Media Sosial?


Gelaran MXGP di kota Semarang sukses digelar. Harapan mas Hendi (Wali Kota Semarang) berikutnya yang ingin menjadikan kota Semarang sebagai tuan rumah MotoGP patut kami dukung, mengingat nilai potensi yang bisa didapat bila itu benar-benar terealisasi. Lalu, seperti apa statistik di media sosial tentang acara Internasional MX GP ini?

Kami telah membuat statistik Twitter dengan tagar #MXGPSemarang yang menggunakan alat pengukur media sosial yang biasa kami gunakan, yaitu tweetbinder.com. Data ini kami buat pada tanggal 9 Juli, setelah acara berlangsung.

Statistik via Slideshare

Data ini kami taruh di situs Slideshare, dan ditaruh secara umum. Kamu dapat mengambilnya, bila ingin. Meski kami beri cuma-cuma, kami harap bisa dinotifikasi atau bilang ke kami bahwa kamu menggunakan data tersebut.


Tentang statistik

Saat postingan ini kami buat, pengaruh tagar #MXGPSemarang di Instagram mendapatkan 2.282 posting yang dibagikan di sana. Tentu data ini akan berubah seiring waktu. Sedangkan di Twitter sendiri, hasilnya sebagai berikut :
  • Data ini diambil tanggal 9 Juli 2018, maka setelah tanggal tersebut, jumlahnya tentu akan berubah. 
  • Ada 217 postingan (tweet) yang berkicau dari tanggal 29 Juni - 9 Juli.
  • Jumlah impressions atau tayangan yang didapat adalah 1.715.110.
  • Jumlah retweet ada 42%
  • Jumlah posting teks ada 12%
  • Jumlah replies ada 5%
  • Jumlah gambar dan link yang dibagikan ada 42%
  • Pengguna paling aktif adalah akun @Scherazade02. Pemiliknya adalah seorang wanita dan jurnalis.  
  • 104 kontributor dengan rata-rata pertweet sekitar 2,09 tweet.
  • Akun paling banyak retweet adalah akun @ayokesemarang dengan total 5 kali retweet.
  • Akun yang paling besar jumlah pengikutnya turut membagikan tagar ini adalah akun @welovehonda yang punya 500 ribu pengikut. Diikuti akun @wisatasemarang dengan 200 ribu pengikut.
  • dotsemarang sendiri masuk dalam akun 'most popular ' diurutan keenam. Ada mas Hendi (@hendrarprihadi) yang turut masuk dan berada diurutan ketiga di sana.
  • Akun vmx_id terus membututi akun @SCherazade02 untuk kategori most active dan original Tweets. Akun @vmx_id sendiri sepertinya salah satu official sponsor dan merupakan toko online untuk motor cross di Indonesia.
  • Akun yang paling banyak membagikan foto dipegang akun @vmx_id dengan total 15 posting.
  • Lihat lainnya di statistik yang ada di atas (embed).
...

Acara bertajuk Internasional yang berlangsung di kota Semarang selalu menarik untuk diikuti. Kami harap acara seperti ini memiliki dampak buat kota. Apalagi media sosial yang menaruh banyak informasi untuk diketahui.

Kami belum bisa membandingkan dengan acara sejenis, mengingat acara ini sendiri baru pertama kali digelar di Ibu Kota Jawa Tengah. Namun bila harus melihat perbandingan dengan #SNC2018, jumlah Impressions-nya masih kalah jauh.

Semoga tahun depan Semarang kembali menjadi tuan rumah dan dapat melibatkan banyak influencer, seperti kami bloger (lokal).

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?