Kopdar Investarian Semarang : Berkenalan dengan Reksa Dana


Apakah kamu tahu tentang reksa dana? Seperti apa kelebihannya dan kekurangannya? Bila pertanyaan itu diberikan kepada kami, jujur kami masih awam. Akhir bulan September, kami mendapatkan edukasi soal reksa dana. Seperti apa?

Ini kali kedua kami mengunjungi kantor Manulife Semarang yang berada di jalan Pandanaran. Bila yang pertama kedatangan kami untuk berkenalan dengan Manulife Syariah Sukuk Indonesia, maka yang kedua ini kami berkenalan dengan reksa dana bertajuk kopdar.

Bersama bloger

Minggu siang (30/9), kami sudah tiba di ruangan yang sama seperti tahun lalu. Selain kami yang hadir, ada banyak bloger lain yang mengikuti. Tidak semuanya berasal dari Semarang, beberapa datang dari luar kota. Totalnya ada 30-an bloger di dalam ruangan yang mirip kelas ini.

Sebelum berbicara topik utama, tujuan sebenarnya acara yang dibuat, kami dan peserta lain diberikan materi seputar blogging dari mbak Nia, seorang bloger dan dari titik tengah partnership.

Meski materi yang diberikan aneh buat kami karena semua yang hadir adalah bloger, kami rasa tetap perlu menyimak. Beberapa teman bloger yang memiliki pengalaman menarik diajak berbicara di depan untuk ikut berbagi pengalamannya.


Mengisi polling dan edukasi tentang reksa dana

Ada istilah menarik yang disematkan kepada orang-orang yang dikatakan paham soal investasi, yakni investarian. Dan acara ini mengambil dari istilah ini. Mungkinkah kami memahami soal investasi jika begitu? Entahlah.

Menu utama acara ini akhirnya tiba juga. Pak Legowo, Presiden Direktur MAMI, mulai mengambil panggung dan berusaha menguasai suasana.


Beliau memaparkan hasil polling yang sebelumnya dilakukan peserta. Jawaban yang diberikan lewat polling menurut beliau yang menggunakan kaos hitam ini sangat baik.

Diantara pemaparan polling, beliau mencoba meninjau permasalahan orang-orang saat ini yang banyak dilakukan. Seperti soal utang, mengapa kita harus irit, pentingkah investasi dan permasalahan lainnya soal keuangan.

Apakah reksa dana itu? Reksa dana adalah program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor dan berinvestasi pada beragam instrumen serta dikelola secara profesional oleh perusahaan aset (manajer investasi).

Kelebihan dari reksa dana yang ditampilkan dalam slide dijabarkan ke dalam 5 bagian
  1. Fleksibel, banyak pilihan produknya dan dapat disesuaikan tentunya.
  2. Likuid, mudah dicarikan kapan saja dan tanpa jangka waktu.
  3. Aman, sudah terdaftar dan diawasi OJK.
  4. Bebas pajak, hasil investasi tidak dipotong pajak.
  5. Terjangkau, bisa dimulai dari 10 ribu rupiah.
Sedangkan kekurangan reksa dana salah satunya adalah tidak bisa digunakan sebagai pembayaran yang menggunakan metode gesek, debit atau kredit. Dan juga tidak bisa digunakan membeli produk secara online.

Berbagai macam reksa dana

Yang kami pelajari untuk orang awam seperti kami saat ini direkomendasikan jenis reksa dana pasar uang. Jenis ini cocok dan mudah. Ada 4 macam reksa dana yang disebutkan pak Legowo dalam pemaparannya.
  1. Reksa Dana Pasar uang
  2. Reksa Dana pendapatan tetap
  3. Reksa Dana Campuran
  4. Reksa Dana Saham
Semakin levelnya naik, tingkat kesulitannya pun ikut naik. Saran aman saat mulai masuk ke dalam dunia reksa dana adalah pasar uang. Ada 4 kelebihan dari reksa dana pasar uang, diantaranya :
  1. Stabil, nggak bikin deg-degan.
  2. Beli dan cairin kapan saja.
  3. Tolak ukur deposito 1 bulan
  4. Investasi minimal 10 ribu rupiah.
Bagaimana cara invest-nya?

Dalam dunia reksa dana, uang yang kita investasikan dilakukan dengan cara pembelian unit reksa dana. Kita harus tahu juga, bahwa nilai investasi akan mengalami naik turun seiring dengan harga naik turunnya harga unit reksa dana.

Saat kita mengalami perkembangan baik saat berinvestasi, kita dapat mencarikan dalam bentuk mata uang. Kita harus mengajukan dan menunggu sedikit lebih lama bila membandingkan saat mengambil uang di mesin ATM. 

Bila ingin berpindah ke jenis reksa dana lainnya, kita dapat melakukannya atau mengalihkan unit dalam bahasa mereka (reksa dana). 

Live event

Selama acara berlangsung, kami melakukan live tweet dengan akun dotsemarang dan juga tagar #kopdarinvestarianMami dan #InvestarianSMG1. Selengkapnya, berikut ini.



Informasi Manulife, bisa buka websitenya di bawah ini.
klikmami.com

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

  1. Aku nggak tahu soal investasi awalnya, terus ikutan ini jadi tahu soal reksa dana dan investasi. Banyak sekali ilmu di dalamnya, masih kepengen belajar lagi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?