Melihat Regenerasi Gamelan di SMA Negeri 1 Boyolali


Akhirnya kami sampai diakhir perjalanan panjang selama dua hari demi menengok berbagai budaya yang kami temui, khususnya perkembangan Gamelan di Indonesia. Setelah mengunjungi Dallank Art, kami langsung menuju SMA Negeri 1 Boyolali.

Postingan ini masih dalam rangka mengikuti aktivitas peserta International Gamelan Festival (IGF) 2018 dari tanggal 15-16 Agustus. Dan hari terakhir (16/8), lokasi terakhir adalah SMAN 1 Boyolali.

Sambutan hangat

Acara berlangsung di gedung, semacam aula indoor, dengan persiapan yang sudah dilakukan dengan baik. Peserta IGF sudah menempati tempat duduk yang dipersiapkan.



Di depan meja yang tertata rapi, ada panggung kecil yang diisi para pelajar yang siap mempertunjukkan keahlian mereka bermain gamelan. Kami pikir mereka sangat bangga dilihat bule-bule yang menyaksikan.

Bermain gamelan bersama

Ini adalah momen bagus melihat para peserta IGF yang ikut bermain bersama pelajar. Tanpa ragu mereka bermain, mengikuti irama dan mereka terlihat sangat ahli.


Orang-orang dari luar sangat tertarik dengan kebudayaan Indonesia. Jangan sampai, kita sebagai bangsa sendiri malah tidak tertarik dengan kebudayaan sendiri.

SMA Negeri 1 Boyolali buat kami adalah kebanggaan. Apakah itu jadi kegiatan ekstrakurikuler? Mereka melakukannya sangat baik kepada generasi masa depan bangsa.

Menari yang buat bahagia

Acara belum selesai begitu saja. Pihak Sekolah masih memberikan sebuah pertunjukkan tarian kepada peserta IGF. Tari poco poco dan topeng Ireng, adalah dua nama tari yang kami cari tahu dari MC yang membawakan acara.



Para peserta IGF diajak menari bersama. Apakah ini pengalaman pertama mereka menarik yang dihadirkan pihak Sekolah? Yang pasti mereka sangat bahagia sekali dari raut wajahnya meski tidak begitu mengerti gerakannya.



...

Selesai sudah postingan kami yang mengunjungi dua kota dalam rangka program Site Performance Anjangsana Kebudayaan merupakan kegiatan pemajuan kebudayaan yang digagas oleh Kemendikbud melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Selain menunjukkan kebudayaan tanah air, khususnya Gamelan, kepada peserta yang sebagian besar dari mancanegara ini, para pelajar di SMA Negeri 1 Boyolali dapat termotivasi untuk terus melestasikan.

Mereka adalah generasi penerus kebudayaan.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?