Melihat Pencapaian 4 Tahun Pemerintah Indonesia Lewat Acara Flash Blogging


Flash blogging datang kembali tahun ini, mengingat di awal tahun 2018, acara serupa dari Kominfo juga sudah hadir. Bila tahun lalu membawa tema menuju Indonesia maju, maka Flash Blogging kedua ini mengusung tema '4 Tahun Indonesia Kreatif'.

Acara berlangsung di PO Hotel, jumat pagi (9/11). Kali ini tidak ada materi khusus yang berhubungan dengan tips menulis. Semua pembicaraan lebih banyak membahas pencapaian pemerintah selama 4 tahun terakhir, peran anak muda, media sosial dan lainnya.

Kami yang hadir dari kalangan bloger, tidak sendirian seperti biasanya. Ada banyak peserta lain yang datang dari kalangan mahasiswa, pendidik hingga komunitas.

Peran penting bloger dalam memerangi berita hoax


Hanya ada dua orang yang berbicara dihadapan peserta. Yang pertama adalah Ibu Rosarita Niken selaku Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik dari Kominfo yang memberikan sambutan dan membuka acara.

Kemudian, ada bapak Andoko Darta selau tenaga ahli Kemetrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Sesi beliau bisa dikatakan pembicara utama dan satu-satunya acara ini.

Informasi yang disampaikan semua berbicara tentang pencapaian Indonesia, harapan, himbauan dan kinerja yang sudah dilakukan.

Bagi bloger, mendapatkan informasi langsung seperti ini tentu diharapkan menepis berita-berita bohong yang saat ini menjadi lawan tangguh di era informasi. Di sini peran bloger dibutuhkan.

Generasi milenial yang diharapkan mengambil peran di era industri 4.0


Dalam sambutannya, Ibu Rosarita, menyampaikan kinerja dari Kementrian Komunikasi dan Informatika yang salah satunya memblokir konten negatif sekitar 800 akun di tahun 2017.

Dan diharapkan generasi milenial dapat mengambil peran di era revolusi Industri 4.0 yang saat ini masuk ke semua negara, termasuk Indonesia.

Pencapaian pemerintah


Sesi selanjutnya adalah pak Andoko yang memulai persentasi dengan peran pemuda saat ini ingin menjadi apa? Ada 6 pilihan yang disampaikan, yakni kreator, peduli, orang biasa, pahlawan, cendekiawan, dan eksplorer. Penjelasan masing-masing bisa dilihat di bawah nanti yang kami taruh dalam live event.  

Dalam 4 tahun pemerintahan Presiden Jokowi, salah satu pengembangan aspek di bidang ekonomi kreatif terus bertumbuh.

Indonesia juga unggul di tempat pertama tahun 2018 untuk e-commerce. Pengangguran pun menurun selama 4 tahun dan bidang olahraga, perolehen prestasi juga meningkat.

Yang menarik adalah bagaimana kehidupan atlit yang sangat diperhatikan. Termasuk kaum milenial yang berkecimpung membangun startup.

Lomba Blog


Seperti acara flash blogging sebelumnya, usai pembicara menyampaikan persentasinya, peserta diajak berkompetisi memposting blog secara langsung dari apa yang sudah disampaikan.

Waktu yang diberikan sangat panjang dan para pemenang semuanya adalah bloger perempuan. Salah satu rekan bloger yang duduk satu meja bersama kami berhasil menjadi juara. Eh ada dua orang rupanya, tapi tetap yang juara 1 ada satu orang.

Dongeng Cak Kardi


Tiba sesi siang dan penghujung acara, ada penampilan dari Cak Kardi atau Sukardi Rinakit (staf Presiden) yang acara flash blogging sebelumnya tidak datang dan kali ini hadir, ditemani Jubing Kristianto, Endah Laras dan Tommy Bolly.

Seperti tagar yang diposting selama acara #DongengRecehCakKardiSMG, Cak Kardi bercerita tentang sejarah semua Presiden hingga hal-hal receh (tidak penting) di era Presiden sekarang yang membuat tawa para peserta.

Dikemas dengan nuansa musik dari mas Jubing (gitaris), mbak Endah Laras (keroncong) dan mas Tommy (Vocal). Kolaborasi semuanya membuat cerita ala dongeng sangat menarik.

Live Event


Semua informasi selama acara berlangsung kami bagikan lewat akun Twitter dotsemarang. Untuk itu, bila tidak ingin ketinggalan informasi, silahkan follow akun kami. Berikut suasana dan lainnya seputar acara.


...

Mendapatkan informasi langsung tentang pencapaian pemerintah seperti yang dilakukan Kominfo memang sangat diperlukan, khususnya kami sebagai bloger. Karena ini sangat penting. Agar informasi tidak salah saat disebarkan.

Postingan bloger, peserta Flash blogging bisa kamu lihat di live Tweet yang ada di atas. Kami menyematkan beberapa postingan rekan bloger di sana. Silahkan telusuri.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?