Ada di Balai Kota Semarang, Apa Itu SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum)?

Beberapa hari kemarin, saat mengejar acara arak-arakan Cheng Ho, kami sempat berhenti sejenak saat memandangi papan berwarna biru bertuliskan SPKLU. Karena ada tulisan electric vehicle charging station akhirnya kami paham maksudnya dan jadi penasaran seperti apa bentuknya?

SPKLU atau disingkat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum merupakan tempat pengisian kembali daya listrik khusus untuk kendaraan listrik.

Saat kami melihat langsung yang berada di Balai Kota, masuk ke dalam dari pintu belakang (jalan inspeksi), kami langsung teringat dengan hotel Aruss Semarang yang memiliki fasilitas pengisian listrik yang kurang lebih sama.

SPKLU by PLN

Selain rasa penasaran dengan tempat pengisiannya, kami juga penasaran dengan logo PLN yang tertera di SPKLU di sana. Berarti ini semacam produk/fasilitas yang dibuat PLN?

Rasa penasaran kami akhirnya tiba di laman web PLN yang sudah diterbitkan tahun 2022. Di sana ditulis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan tipe ultra fast charging pertama di Indonesia diresmikan Presiden pada bulan Maret 2022.

Kebenaran yang ada di Balai Kota, mengutip laman semarangkota.go.id (Mei 2023), SPKLU-nya sudah menggunakan teknologi yang terbaru. Kapasitasnya 200ka yang dianggap paling cepat dan bagus. Bisa mengisi daya listrik 1 mobil hanya dengan waktu 30 menit saja.

Proyek SPKLU by PLN ini sendiri terus digencarkan. Awal-awal memang dipersiapkan untuk mendukung operasional kendaraan delegasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali. 

SPKLU Balai Kota Semarang

Sekarang, sudah menyebar hingga di Kota Semarang. Yang ada di Balai Kota ini diresmikan bulan Mei kemarin yang bertepatan dengan perayaan HUT Kota Semarang yang ke-476.

Bila melihat selang pengisiannya, di sini bisa 2 kendaraan. Namun entah yang mana yang memiliki fasilitas fast charging. Kami yakin hanya ada satu, eh atau dua sekaligus.

Aplikasi PLN Mobile

Untuk diketahui, menggunakan pengisian daya kembali listrik di sini harus menggunakan aplikasi PLN Mobile dan itu tidak GRATIS! Eh, capslock. Beda sama fasilitas yang ada di hotel.

Jadi, install dulu dan daftar di sana. Bila sudah, pilih fitur Electric Vehicle di sana. Ada panduannya saat kami lihat di sana (gambar). Pembayarannya sudah terintegrasi juga dengan OVO, Gopay dan sebagainya. 

...

Sebagai orang awam, tentu ini sangat menarik buat kami. Memang sangat penting untuk sering keluar rumah melihat berbagai info menarik yang tidak terjangkau oleh kami yang mengaku sebagai bloger.

Ngomong-ngomong, lumayan lama juga ya kalau sampai nunggu 30 menit saat mengisi daya kembali kendaraan listrik apabila dari 0 (kosong). Kalau ngisi bbm sih kan cepat, kecuali antrinya padat.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?