Fitur Facebook Notes Kembali Hadir, Bagus Tapi Kembali Hilang

Sejak diumumkan bulan Oktober 2020, fitur Facebook Notes atau catatan sudah tidak tersedia lagi di Facebook atau Meta. Namun baru-baru ini, kami melihatnya kembali dan sempat posting di sana. Siap dengan strategi baru lagi?

Tanggal 24 Agustus 2023, kami melihatnya tersedia di halaman Facebook Kofindo. Ternyata notes tidak tersedia di halaman facebook lainnya yang kami miliki, seperti dotsemarang.

Tampilan baru dan bisa di-monetisasi

Sempat mengabaikan, kami akhirnya mencobanya di tanggal 26 Agustus. Dan benar saja, saat buka facebook web, catatan tersedia di halaman fitur. 

Kami menulis ulang kembali yang kami copy dari blog kofindo tentang review film Catatan Si Boy. Hanya tinggal copy paste saja.

Yang kami suka, desainnya lebih baik dari sebelumnya. Dan sisi kirinya, ada tulisan monetisasi yang artinya artikel yang sudah diterbitkan bisa menghasilan pendapatan di sana. 

Mendadak hilang

Selang sehari berikutnya, mendadak saja kami ingin melihat artikelnya tidak bisa lagi diakses. Dan fitur Facebook Notes juga tidak tersedia di kolom fitur. Lho, kemana?

Meski sudah tidak tersedia lagi, namun jejak update artikel kami tersedia di feed atau wall. Aneh rasanya jika itu dihilangkan tapi tidak semuanya.

Entah kenapa, kami juga kurang tahu. Saat kami cari di mesin pencarian google pun tidak ada yang menulis Facebook Notes dengan versi barunya ini dirilis.

Apakah itu artinya kami sedang beruntung mendapatkan bocoran bagaimana fitur ini akan dirilis kembali? Atau hanya kesalahan saja?

...

Facebook notes adalah wadah yang lebih luas untuk menuangkan tulisan ketimbang nulis di status biasa atau menaruhnya bersamaan dalam gambar.

Di notes, ada desain yang dikhususkan untuk penulis maupun pembaca agar terasa nyaman saat dilihat maupun diedit. Sayangnya, hanya sesaat kami dibuat senang. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?