Susur & Bersih-bersih di Kawasan Banjir Kanal Timur, Menuju World Water Forum ke-10?

Menjelang akhir bulan Juli, ada pemandangan berbeda dari biasanya dari kawasan Banjir Kanal Timur Semarang dekat jembatan Barito yang tampak resik, alias bersih. Rumput-rumputnya juga menguning, tumbenan. Beberapa bendera juga terpasang di sana, tapi bukan bendera partai. Ada apa gerangan?

Pertanyaan itu sedikit terjawab saat melihat spanduk membentang di pagar pembatas yang bertuliskan 'Susur & Bersih-bersih Sungai Menuju 10th World Water Forum'. 

Di bawah tulisan tersebut ada tanggalnya, yaitu 27 Juli 2023. Apakah ada kegiatan di sini? Ternyata memang ada saat kami telusuri google dan menemukan laman sorotindonesia.com yang dipublish tanggal yang sama (di atas).

Di sana disebutkan bahwa ada kegiatan bersih-bersih yang dilakukan secara gotong royong antara jajaran Pemeringah Kota Semarang dengan BBWS Pemali Juwana yang turut juga melibatkan warga.

Bahkan, dalam kegiatan tersebut dilakukan juga pengerukan sedimentasi dan penanaman pohon buah pada bantaran sungai. Kalau pengerukan sih, alat berat sepertinya memang ada di sana dari beberapa tahun belakangan ini.

World Water Forum ke-10

Namun perhatian kami sendiri lebih tertuju pada World Water Forum. Apakah itu? Ya, mari kita telusuri lagi dan kami berhenti di laman sohib.indonesiabaik.id yang dipublish tanggal 12 Juli 2023.

Gambar ini diambil tanggal 30 Juli 2023

World Water Forum dalam laman tersebut dijelaskan merupakan sebuah pertemuan internasional yang diadakan 3 tahun sekali dengan tujuan membahas isu-isu yang berkaitan dengan air dan sanitasi di seluruh dunia.

Indonesia sendiri didaulat menjadi tuan rumah World Forum Water ke-10 yang nantinya diadakan tahun depan atau tahun 2024. Lokasinya penyelenggaraannya ternyata bukan di Kota Semarang, melainkan di Bali.

World Water Forum ini sangat penting bagi negara, organisasi internasional, dan berbagai pemangku kepentingan yang saling terkait untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan dan mencari solusi bersama dalam menghadapi tantangan air global.

...

Ternyata ini sebuah kampanye gerakan untuk mendukung event World Water Forum dan juga sekalian promosi mungkin ya. Apalagi Kota Semarang memiliki kawasan aliran sungai yang panjang seperti BKT dan BKB.

Ngomong-ngomong soal BBWS Pemali Juana sendiri yang disebut di paragraf awal, itu merupakan unit pelaksana teknis dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang bertugas mengelola sumber daya air di Wilayah Sungai. Kantornya ada di Kota Semarang, tepatnya daerah Pedurungan.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?