Kota Semarang Jadi Tuan Rumah Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN Ke-55


Usai bulan Juli kemarin Kota Semarang kedatangan ribuan orang acara Pornas Korpri XVI, bulan Agustus ini kembali Ibu Kota Jawa Tengah kedatangan banyak orang. Kali ini ada lebih dari 500 delegasi atau perwakilan. Meski lebih sedikit, namun yang datang dari banyak negara.

Kami senang dengan fakta tersebut bahwa Kota Semarang didapuk menjadi tempat pertemuan Menteri Ekonomi atau ASEAN Economic Ministers (AEM) yang ke-55. Pertemuan tersebut berlangsung dari tanggal 17-22 Agustus 2023. Hotel Padma jadi lokasi acara ini berlangsung.

Alasan dipilih

Meski kami tidak terlibat secara langsung, sekelas ASEAN pula, saat kami menelusuri mesin pencari google alasan dipilihnya Kota Semarang sebagai tuan rumah mengutip finance.detik.com adalah

Kota Lunpia dianggap merefleksikan perkembangan sosial budaya Indonesia. Semarang juga dinilai siap menyelenggarakan ajang internasional dan memadai secara infrastruktur.

Negara yang hadir

Tentu saja ini bukan saja berkah buat Kota Semarang tapi juga kembali mengangkat perekonomian seperti perhotelan, tempat wisata, UMKM dan lainnya.

Beberapa negara yang hadir selain tentu delagasi ASEAN itu sendiri ialah China, Australia, New Zealand, India, Kanada, Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris dan Rusia.

Isu yang dibahas

Ada 6 isu yang dibahas selama pertemuan mengutip laman goodnewsfromindonesia, yaitu 

  1. Transformasi Digital (digital transformation)
  2. Pembangunan Berkelanjutan (sustainable development)
  3. Ketahanan Kesehatan (health Resilience)
  4. Ketahanan Pangan (food Security)
  5. Fasilitasi Perdagangan dan Investasi (trade and investment facilitation).

Cukup menarik melihat nomor 1 dimana transformasi digital menjadi isu penting yang dibahas. Sayang sekali kami tidak bisa melihat info ini lebih detail lagi.

...

Salah satu hasil kesepakatan dari pertemuan yang menarik perhatian kami adalah arsitek yang bisa bekerja di negara kawasan ASEAN manapun. Wah, mantab ini. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?