Pasar Rakyat Dugderan 2023, Wisata Seru Sebelum Memasuki Bulan Puasa

Kawasan Johar hingga Aloon-aloon memasuki bulan puasa lebih ramai dari biasanya. Apalagi waktu-waktu tertentu, kedua kawasan ini ditutup untuk memfasilitasi agenda rutin tahunan yang dikenal dengan Pasar Rakyat Dugderan. Sempatkan mampir bila sedang berada di Kota Semarang.

Namanya juga pasar, tentu hiruk pikuknya para pedagang. Karena momennya spesial, pengunjung yang datang bakal disuguhi wahana hiburan yang menantang selama 13 hari, yaitu dari tanggal 10-22 Maret.

Wahana permainan

Pasar Rakyat Dugderan memang biasanya hadir sebelum acara utama, yaitu Karnaval Dugderan. Yang selalu menarik dari pasar Dugderan adalah wahana permainannya.

Bisa dilihat dari beberapa gambar yang kami ambil, pesonanya ada di sana. Pengunjung seperti datang ke tempat wisata yang diisi berbagai hiburan semacam komidi putar, odong-odong, kapal ayunan hingga tong stand.

Wahana permainan sudah terlihat dari arah Kota Lama atau dekat kantor Pos Johar. Jalan ini bakal sedikit sibuk (macet) pada malam hari. Jika tidak ingin terjebak, hindari. Untuk yang ke Kota Semarang sedang liburan, mungkin bisa nginap di hotel paling dekat.

Metro Park View Hotel berada sangat dekat. Apalagi di depannya sudah digunakan para pelapak sehingga dipastikan sangat ramai malam hari. Seharusnya, momen ini bisa dimanfaatkan oleh pihak hotel.

Nostalgia

Selain bisa seru-seruan, datang ke sini kita juga disuguhkan berbagai kuliner dan mainan jadul. Rasanya sedang nostalgia saja apabila kamu sudah beberapa kali ke sini.

Saat kami mengecek artikel pertama kami tentang 'Dugderan' ternyata pada tahun 2015. Salah satu postingannya, tahun 2017, menggambarkan suasana yang sama saat itu. 

Jalan ditutup

Terakhir, akses ke kawasan Johar hingga Aloon-aloon mungkin bisa dimasukin saat pagi hingga sebelum acara dimulai (siang atau sore). Setidaknya kamu harus mengetahui mana saja yang aksesnya dibatasin. Lihat gambar di bawah ini.

Simpang empat arah Pekojan atau Pecinan sudah dibatasin. Dan sisanya seperti arah masuk ke Aloon-aloon dari jalan Pemuda juga dibatasin. 

...

Kami baru mengunjunginya pagi hari pada hari kedua. Tentu, pasar belum beraktivitas. Banyak kendaraan yang masih diperbolehkan hilir mudik di sekitar lokasi. Biasanya malam hari, sudah sangat sulit dilewati.

Inilah yang menjadi daya pikat bulan puasa di Kota Semarang. Bersiap untuk acara utama seminggu kemudian pada tanggal 20-21 Maret, acara akan dilangsungkan 2 tempat dan 2 hari. Karnaval dan arak-arakan atau prosesi Dugderannya.

Artikel terkait :

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?