Selamat Hari Film Nasional 2023

Sudah sampai di sini lagi. Seperti tahun lalu, setiap tanggal 30 Maret, kami merayakannya dengan sebuah artikel. Memang tidak mewakili insan film semuanya, tapi setidaknya dengarkan kami. Eh, maksudnya baca. Selamat Hari Film Nasional ke-73 tahun 2023.

Hari Film Nasional (HFN) tahun ini masih sunyi seperti tahun-tahun sebelumnya (Kota Semarang). Tak ada acara film atau promo dalam rangka HFN 2023. 

Saat dicari di google, HFN tahun ini mengusung tema 'Bercermin Pada Masa Lalu, Merencanakan Masa Depan'. Tema ini dilansir dari Antara yang berasal dari Badan Perfilman Indonesia (BPI).

Jangan berlebihan

Kami tidak tahu bagaimana menghubungkan tema tersebut dengan apa yang ingin kami rayakan. Apalagi, semenjak lahirnya Kofindo, kami tidak kenal dengan BPI. Lho, lah. 😅

Jangan berlebihan, ini adalah pesan yang ingin kami sampaikan saat mengikuti perkembangan film Indonesia tahun ini. Luar biasanya genre horor menguasai bioskop Indonesia sepanjang tahun 2022, seakan jadi tren yang coba terus dipaksakan tahun 2023.

Tidak heran jadinya, 3 bulan terakhir bioskop banyak beredar film Indonesia bergenre horor. Bahkan, film yang sudah mencapai 1 juta penonton berasal dari genre horor. Menakutkan, bukan? Kok baru 1 film??

Kekuatan film bergenre horor sangat luar biasa. Sayangnya itu berdampak pada genre lain yang ingin membagikan pesannya lewat sebuah cerita (film). 

Beberapa genre film sering tidak memenuhi harapan (keluar lebih cepat dari bioskop). Dan juga, harus rela turun lebih awal (1 hari tayang saja).

Perjalanan satu tahun memang masih panjang. Bila tidak direm, mau tidak mau, genre horor masih akan meneror (menguasai) bioskop sepanjang tahun dan kembali menjadikannya sebagai penguasa (seperti tahun 2022).


Promo film

Film Surga di Bawah Langit yang rilis di Hari Film Nasional membagikan kebahagiaannya dengan harga promo 5 ribu rupiah untuk hari ini saja (30 Maret).

Baik jaringan cinepolis maupun 21, keduanya kompak mempromosikan promo tiket murah ini yang bisa dilihat di akun Instagram masing-masing. 

...

Sekali lagi, Selamat Hari Film Nasional tahun 2023. Terus maju perfilman Indonesia!

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?