Dugderan Semarang Tahun 2023, Catat Bulan Maret

Kami tidak ingin melepaskan lagi setelah tahun lalu tidak mengikuti agenda Dugderan yang biasanya ramai disaksikan masyarakat. Apalagi tahun ini, suasananya sudah terlihat lebih baik dari tahun sebelumnya.

Semenjak pandemi Covid-19, tradisi prosesi Dugderan yang digelar untuk menyambut puasa, acaranya dilakukan tidak begitu meriah. 

Meski begitu, acara ini tidak dilewatkan begitu saja karena sudah jadi tradisi. Tahun 2023, bakal seramai apa kira-kira? 

Bulan Maret

Bila tidak berubah, bulan Puasa atau 1 Ramadhan jatuh pada pertengahan bulan Maret. Beberapa media online yang kami cek, menuliskannya pada tanggal 23 Maret 2023. Bisa dibilang tinggal hitungan minggu saja dari postingan ini terbit.

Kota Semarang selalu menyambutnya dengan acara yang waktunya berdekatan dengan puasa. Tradisi Dugderan dilakukan dua sesi biasanya. Pagi hari dan sore hari.

Untuk jadwal Dugderan tahun ini akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Maret. Saat kami cek, ada 2 versi tanggalnya.

Mengintip kalender acara Kota Semarang tahun 2023, acara Dugderan akan dilaksanakan tanggal 19 Maret 2023. Sedangkan versi kalender Jawa Tengah, Dugderan Semarang akan digelar tanggal 17 Maret 2023.

Tradisi Dugderan (artikel diperbarui)

Yang paling ditunggu dari Dugderan adalah acara arak-arakannya. Biasanya dilakukan 2 sesi, pagi hari dan sore hari. Kabar terbaru yang kami lihat, acaranya akan dilakukan 2 tempat.

  • Tanggal 20 Maret di Kawasan Simpang Lima
  • Tanggal 21 Maret di Balai Kota
Bila mengingat acara sebelumnya, acara di Simpang Lima biasanya lebih mengacu ke pawai yang diikuti anak-anak hingga remaja. Kawasan Simpang Lima akan ditutup biasanya.

[Update] Rundown acara di Simpang Lima

Untuk Dugderan di Lapangan Pancasila Simpang Lima, pesertanya diikuti ribuan siswa-siswi se-Kota Semarang. Rundown acaranya bisa dilihat di bawah ini.
  • 13:45-15:00 - Persiapan
  • 15:00-15:30 - Pembukaan
  • 15:30-15:40 - Tari Gebyar Dugderan
  • 15:40-15:42 - Apel Dimulai
  • 16:00-17:35 - Pemberangkatan Peserta Karnaval dengan rute Simpang Lima, jalan Pahlawan dan Taman Indonesia Kaya.
[Update] Rundown acara di Balai Kota

Sedangkan acara utamanya ada di Balai Kota. Ini yang dari pagi dengan prosesi utama. Kemudian arak-arakan yang ditunggu akan melanjutkan ke Masjid Agung Semarang atau Kauman. Menjelang sore, biasanya dilanjut ke Masjid Agung Jawa Tengah. 
  • 13:30 - Pembukaan
  • 13:40 - Atraksi Barongsai
  • 14:27 - Arak-arakan menuju Masjid Agung Semarang
  • 15:35 - Arak-arakan menuju Masjid Agung Jawa Tengah.
Pasar Dugderan (artikel diperbarui)

Berbeda tapi sama, Pasar Dugderan lebih ke sisi jualan produk hingga arena permainan megah. Kawasan Johar akan ditutup menjelang sore sampai dekat lampu lalu lintas (sekitar Aloon-aloong). Pasar Dugderan sudah dimulai dari tanggal 10 Maret hingga 22 Maret 2023.

📝 Foto tahun 2015

..

Karena belum memasuki bulan Maret, dan info resminya belum keluar, mari kita tunggu saja tanggal resminya Dugderan akan dilaksanakan. Kami akan perbarui apabila infonya sudah kami dapatkan nanti.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?