Skip to main content

Berkunjung Ke Pabrik Limun Oriental Pekalongan


Tujuan kami berikutnya adalah pabrik Limun. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, mengingat ini pertama kali, tempat yang dituju adalah rumah sederhana yang terlihat dari depan namun terdapat banyak generasi Z yang duduk bersama lingkaran pertemanan mereka sambil menikmati hidangan. Ini pabrik?

Usai mendapakan banyak informasi dari Museum Batik, langkah kami berlanjut ke Pabrik Limun yang dapat ditempuh hanya dengan jalan kaki. Kurang dari 5 menit jarak dari Museum ke lokasi berikutnya. 

Bayangan kami mendengar Limun adalah minuman biasa, dan kami akan bersenang-senang di sana dengan berbagai alat pabrik. Melihatnya lebih dekat bagaimana alat-alat digunakan dan aktivitas pekerjanya yang membuat.

Mengejutkan

Kesalahan besar kami datang ke sini adalah tidak menjelajah di mesin pencari tentang tempat yang kami kunjungi. Bayangan kami meleset, tapi ini suprise (kejutan).


Mungkin kaedah liputan yang biasa dilakukan berbeda dengan tujuan menjelajah seperti ini. Saat langkah kami tiba dan memasuki rumah tersebut, tempat ini seakan menjadi tempat nongkrong kaula muda.

Meja kasir dengan logo brand Oriental Cap Nyonya Silhuet Since 1920 memang benar, ini tempat yang kami jelajahi. Tapi kok banyak generasi Z muda dan tua yang sedang asyik makan siang di sini.

Selain itu, botol-botol Limun yang berwarna-warni di meja sana membuat suasana di sini yang digabungkan dengan rumah yang terlihat artistik ini memberi kesan kegembiraan. 

Lah, di mana pabriknya?

Bernostalgia

Ternyata pabrik berada di bagian bangunan lain yang masih satu bagian dari rumah Limun ini. Sebelum ke sana, kami makan siang dulu dan menyegarkan diri dengan Limun Oriental.


Kami jadi bernostalgia dengan minuman ini yang pernah kami rasakan waktu kecil. Mungkin kamu juga begitu? Harga per-botolnya sekitar 7 ribu dengan pilihan rasanya berjumlah 7 rasa.

Selain menyajikan minuman Limun, di sini terdapat menu makan siang ala-ala cepat saji. Sebuah kolaborasi dari pemilik tempat yang sudah menjadi generasi kelima semenjak pabrik berdiri dari tahun 1920.

Untuk minuman, kami menghabiskan dua botol dengan rasa yang berbeda. Plus, penyajian khusus khas Pekalongan, yaitu Soto Taoto. Entah apakah sudah kekenyangan, menu ini tidak kami habiskan.

Mari melihat pabrik 


Ini bagian penting yang sudah kami tunggu-tunggu. Limun Oriental sebagai pelopor pabrik rumahan yang memproduksi minuman bersoda khas memiliki fakta menarik, yaitu umur berdirinya lebih tua dibanding minuman merek Amerika Serikat, Coca Cola atau Sprite yang berdiri tahun 1944.

Mas Benardi (Tengah)

Saat kami memasuki pabrik, kami ditemani pemilik, Mas Benardi. Seperti ditulis sebelumnya, pabrik di sini adalah rumahan. Maka jangan membayangkan pabrik dengan ruangan besar. Ya, benar-benar rumah kosong yang diisi berbagai alat dan botol-botol.

Sayangnya, kunjungan kami tidak berjodoh dengan aktivitas pabrik yang saat itu sedang tidak bekerja.  Hari Jumat di Pekalongan adalah hari libur. Tidak ada proses pembuatan seperti mengolah gula yang katanya direbus dengan kayu bakar menggunakan loyang yang besar. Atau mesin untuk mencuci botol secara manual dan lainnya.

Dengan jumlah pekerja 13 orang dan mulai beraktivitas dari jam 8 pagi hingga 5 sore, produksinya sendiri mampu menghasilkan botol Limun Oriental sebanyak 500 dalam 1 jam. Sedangkan bagaimana botol-botol kosong ini digunakan, pemilik mengatakan bahwa ini dipesan dari Surabaya.

Kini, pemasaran Limun Oriental sudah tersebar ke mana-mana. Seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta. Di Semarang sendiri juga sudah ada. Kami jadi ingin mencoba mencari Limun Oriental di Semarang yang katanya ada di Angkringan legend di jalan Wonodri Sendang Raya dan Cafe KYNZ di Banyumanik. 







...

Sebagai tempat tujuan wisata di Pekalongan, Limun Oriental yang punya sejarah panjang sangat menarik untuk direkomendasikan. Di tempatnya ini, ada pabrik yang dapat kita lihat langsung bagaimana proses pembuatannya dari awal hingga jadi.

Jangan datang hari Jumat seperti kami karena hari Jumat di Pekalongan adalah hari istimewa, maka jangan heran para pekerja pada libur di pabrik ini. 


Beberapa peninggalan sejarah juga disimpan rapi di sana. Tentu saja, jangan lupa menikmati minuman limun yang memiliki banyak rasa di sana. Atau bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Tips Unggah Video TikTok Hingga 1 Menit

Sudah 2 bulan lebih kami bergabung dengan platform media sosial TikTok. Banyak hal menarik yang memberi kami inspirasi di sana. Dan kali ini, kami ingin memberi tips menarik soal durasi video TikTok yang dapat diunggah lebih dari waktu normalnya, 15 detik.

Semenjak bergabung, kami menemukan beberapa akun yang dapat mengunggah durasi video hingga 1 menit. Kami pikir itu wajar, bila melihat jumlah pengikutnya yang berada diatas rata-rata.

Sama seperti Instagram, bila lebih dari 10 ribu pengikut, mereka memiliki fitur istimewa yang tidak dapat digunakan oleh pengguna yang belum mendapatkan jumlah pengikut seperti kami sebutkan tadi. Youtube juga punya fitur ekslusif buat susbscriber diatas rata-rata.

Instal aplikasi TikTok terbaru

Sebenarnya, cara memperpanjang durasi video TikTok hingga 1 menit kami dapatkan dari unggahan video Youtube. Banyak sekali yang membagikan tip-tips tersebut di sana.

Caranya mudah sebenarnya, yakni dengan menginstal aplikasi TikTok versi terbaru. Kami sendiri a…

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

ASUS Umumkan Laptop Seri TUF Gaming Terbaru di CES 2020

[Halaman ini berisi konten press release] CES atau Consumer Electronics Show adalah ajang pameran teknologi yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat. Pameran ini kerap kali dijadikan tolak ukur untuk memperkirakan teknologi atau model terbaru. Bahkan tahun depannya.
Dalam perhelatan acara ini, ASUS mengumumkan laptop seri terbarunya berjenis TUF Gaming dengan desain baru dan performa yang lebih kencang sebelumnya. 
Ada 2 tipe yang hadir, yakni TUF Gaming A15 dan F15 yang mengusung layar 15 inci, serta TUF Gaming A17 dan F17 yang mengusung layar 17 inci menawarkan pengalaman gaming yang lebih baik dengan harga yang terjangkau.

Seri TUF Gaming terbaru kali ini juga tidak hanya kembali menawarkan durabilitas tinggi, tetapi juga performa yang kencang berkat adopsi prosesor generasi terbaru yaitu AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processors atau 10th Gen Intel® Core™ Processors.

Dukungan komputasi grafis dari NVIDIA® Turing™ GPU ditambah layar dengan refresh rate 144Hz juga membuat seri TU…