Lobak sebagai Salah Satu hidangan Utama Tradisi Tuk Panjang Edisi Pasar Imlek Semawis Tahun 2020


Lobak dalam bahasa Mandarin disebut chai dou yang bermakna keberuntungan. Menjadi salah satu hidangan utama, lobak disajikan dalam bentuk kue dan Sop. Mari melihat menu-menu yang dihidangkan saat pembukaan Pasar Imlek Semawis 2020.

Tuk Panjang yang menjadi bagian penting perayaan Pasar Imlek Semawis bukan saja dihadirkan saat pembukaan, tapi juga penutupan. Kami baru mengetahuinya saat hari terakhir berkunjung.

Sebagai sebuah tradisi khas Kota Semarang dalam menyambuk tahun baru Imlek, Tuk Panjang selalu menyajikan beragam menu yang tidak boleh dilewatkan.

Ada beberapa bagian jamuan makan malam ini setelah acara resmi dibuka oleh panitia. Mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama dan hidangan penutup.

Langsung saja, hidangan-hidangan ini memiliki banyak makna bagi mereka yang menyantapnya. Teks di bawah ini diambil dari daftar menu yang tersedia di meja para tamu undangan.

Hidangan Pembuka

Edamame


Kedelai sayur atau edamame atau 'mou dou' dalam Bahasa Mandari pertama kali ditanam di Tiongkok 7000 tahun lalu. Di Indonesia edamame banyak ditanam di daerah Jember dan hasilnya diekspor ke negara Jepang.

Selain enak dikonsumsi, edamame juga kaya kandungan protein, serat, Vitamin A dan B, asam folat, mangan dan fospor. Edamame biasanya direbus dengan garam dan campuran rempah.

Kue Lobak


Hidangan yang terbuat dari bahan lobak, tepung beras dan air ini bisa dijumpai di rumah makan khas Hongkong. Kue lobak atau luoba gau disebtu juga dengan radish-cake atau turnip-cake.

Lucunya, di Singapura kue lobak disebut carrot-cake. Padahal di dalamnya sama sekali tidak ada wortel atau carrot sama sekali. Lobak disantap saat Imlek, karena lobak disebut juga sebagai 'chai dou' yang berarti keberuntungan.

Hidangan utama

Sup Lobak


Seperti halnya kue lobak, sup lobak juga dipercaya membawa keberuntungan di sepanjang tahun. Dimasak dengan bumbu khas sop buntut yang mericanya sangat terasa, sup lobak akan menghangatkan sekaligus merekatkan silaturahmi di hati setiap insan.

Ikan Dori Nasi Kongbap

Ikan dori adalah ikan laut dengan aroma sergar, tekstur yang sangat lembut dan serabut kecil-kecil. Dagingnya terasa padat dan kenyal, rasannya dominan gurih daengan kombinasi manis.


Dalam bahasa Mandarin, ikan disebut 'yu', homonim dengan kata 'sisa' atau 'kelebihan'. Jadi makan ikan menjelang Imlek, diharapkan akan selalu menghasilkan kelebihan di Tahun Baru. Itu sebabnya muncul peribahasa 'Nian nian you yu', artinya tiap tahun ada sisa/kelebihan.

Nasi Kongbap adalah nasi multigrain yang berisi campuran 10 macam biji-bijian; beras merah, beras hitam, wijen, selasih, kacang ijo, beras ketan, jali, millet merah, millet putih, dan jagung.

Nasi Kongbab bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, serta menjaga kadar gula darah tanpa mengubah rasa nasi putih.

Hidangan Penutup

Kue Keranjang Kukus Santan


Tak dapat dipungkiri, kue kerangjang atau nian gao yang manis, lengket, gurih, mantap selalu mewarnai perayaan Imlek semenjak dulu kala.

Dibuat dari bahan tepung ketan dan gula, konon ini ditujukan sebagai hidangan untuk menyenangkan Dewa Tungku (Cau Kun Kong) agar membawa laporan yang menyenangkan kepada raja Surga (Giok Hong Siang Te).

Selain itu, bentuknya yang bulat bermakna agar keluarga terus bersatu, rukun dan bulat tekad dalam menghadapi tantangan di tahun yang akan datang.

Kopi Alam


Secangkir kopi dari Warung Kopi Alam diserumput dalam kehangatan suasana penuh keakraban. Kerukunan adalah tiang, saling pengertian adalah perekat. Uap kopi panas mengepul perlahan, tak ada keraguan terbesit, kita semua bersaudara.

...

Kami sangat senang bisa hadir di sini dan ikut merasakan langsung suasana Tuk Panjang, dan tentunya hidangan yang disajikan. Maklum saja, acara seperti ini hanya untuk undangan.

Pasar Imlek Semawis tahun ini berlangsun dari tanggal 17-19 Januari 2020. Lokasinya masih sama seperti edisi sebelumnya, kawasan Wotgandul Timur. Dan tahun ini adalah tahun ke-17 acara yang rutin digelar setiap tahun.



Kira-kira tahun depan, apalagi hidangan yang dihadirkan?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?