#JatengOnTheSpot 2019, Cara Disporapar Jawa Tengah Promosikan Pariwisata


Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah kesekian kalinya kembali mengadakan program Famtrip atau Familiarization Trip yang melibatkan bloger dan media lewat acara bertajuk Jateng On The Spot Tahun 2019.

Kesekian kalinya juga buat kami, dotsemarang, terlibat kampanye promosi pariwisata Jawa Tengah pada tahun 2013 dan 2015. Kota-kota yang dikunjungi dari tanggal 13-15 Desember ini diantaranya, Pekalongan, Brebes dan Tegal.

Bila beberapa tahun lalu keterlibatan mahasiswa pertukaran pelajar atau siswa asing ikut bersama mengunjungi, kali ini dalam rombongan acara tidak ada. Praktis, peserta sebagian besar adalah bloger yang berasal dari luar Semarang, seperti Jakarta, Surabaya, Wonosobo, Banjarnegara, Kendal, Boyolali hingga Bekasi.

Lainnya, ada beberapa awak media yang semuanya berasal dari Semarang. Sedangkan nama komunitas yang tak asing ditelinga yang sering dilibatkan, Genpi, juga tidak ada. Meski beberapa nama peserta yang terlibat, peserta lebih mewakili personal dari kota asal.

Tahun 2020


Upaya promosi pengenalan pariwisata yang dilakukan Disporapar Jawa Tengah seperti ini, Famtrip, akan terus berlanjut hingga tahun 2020. Saat kami mewancarai Seksi Pengembangan Pasar Bidang Pemasaran Pariwisata Disporapar, Seto Agus Nugroho, yang ikut dalam rombongan, mengatakan

"Beberapa tahun kebelakang, kita rutin mengadakan kegiatan ini sampai tahun 2020 (sudah dalam anggaran).  Tiap tahun itu kita anggarkan 10 kali kegiatan seperti ini. Cuma ada 6 kegiatan utama dan 4 adalah dukungan."

Kegiatan utama itu berarti langsung dipegang oleh Disporapar. Sedangkan kegiatan dukungan biasanya datang dari proposal yang meminta bantuan (kerjasama). Bisa dari Kabupaten atau kegiatan yang pernah dilakukan, salah satunya yaitu, Borobudur Marathon.

Kampanye di media sosial


Selain diharapkan informasi yang dapat tersebar lebih luas lewat internet, tulisan bloger, kegiatan ini juga bisa dilihat di media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

Ada beberapa tagar yang digunakan, mulai dari #FamTripWithBlogger2019, #JatengOnTheSpot yang digunakan dalam judul halaman ini, lainnya ada #visitjateng.

Peserta juga menandai akun resmi Disporapar (@disporaparjateng) setiap postingan yang diterbitkan di media sosial. Termasuk tanda (tag) ke akun @visitjawatengah. Silahkan buka postingan dengan tagar yang disebut di atas untuk lebih banyak mendapatkan informasi tentang kegiatan kami dan peserta lainnya.

Pemilihan Kota


Kota yang kami kunjungi ini, Pekalongan, Tegal dan Brebes termasuk dalam Destinasi Pariwisata Provinsi atau DPP. Jumlah DPP sendiri di Jateng ada 6 yang tersebar di 35 Kabupaten/Kota.

Dalam setahun, semua dilakukan yang sama. Untuk edisi yang kami ikuti, kebenaran DPP Tegal-Pekalongan. "Untuk pemilihan tempat (Kota), kita urut atau gonta-ganti. Karena kita di Provinsi, kita bertugas untuk mediator untuk mengenalkan ke luar," tambah Seto.

Sedangkan pemilihan peserta, sama juga dengan pemilihan tempat, bisa gonta-ganti. Dan tidak menutup kemungkinan akan kembali dilibatkan. Mengingat saat kegiatan yang kami ikuti, ada beberapa peserta yang juga sudah pernah terlibat.

Daftar tempat-tempat yang kami kunjungi

Kota pertama yang langsung kami singgahi setelah perjalanan dari kantor Disporapar Jawa Tengah yang berada di alamat jalan Ki Mangunsarkoro ini adalah Pekalongan.

Di sini (Pekalongan), kami mampir di Museum Batik Pekalongan, Pabrik Limun yang berdekatan dengan museum, dan Pasar Grosir Setono.

Hari kedua, perjalanan dilanjutkan di Kota/Kabupaten Brebes dengan mengunjungi Pabrik Gula Jatibarang, Agrowisata Besaran, Desa Wisata Mangrove Pandansari, Pulau Pasir dan Wisata Pulau Pantai Pulau Cemara.

Dan hari terakhir, langsung menuju pulang ke Semarang, kami mampir di objek wisata Guci di Tegal. Beberapa tempat dari rencana yang sudah dipersiapkan ada yang tidak jadi kami kunjungi. Menyesuaikan situasi dan keadaan, terutama waktu.

Berikut daftar tempat yang kami kunjungi yang sudah kami terbitkan dalam halaman blog :

Pekalongan 
  1. Belajar Membatik di Museum Batik Pekalongan
  2. Berkunjung Ke Pabrik Limun Oriental Pekalongan
Brebes
...

Tujuan dari kegiatan ini yang melibatkan bloger tentu saja untuk mengkampanyekan promosi pariwisata, khususnya Jawa Tengah. Bloger yang merupakan ujung tombak pariwisata diharapkan mampu mengenalkan lebih luas tentang tempat-tempat yang sudah disinggahi.

Pengalaman bloger sangat penting untuk menambah sudut pandang agar menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Apalagi bloger juga aktif di media sosial.

Tahun 2020, kegiatan ini kembali dilakukan. Semoga kamu yang belum terlibat dalam kegiatan seperti ini, bisa ikut terpilih nantinya.

*Ditunggu ulasan dan foto-foto kegiatan yang kami kunjungi selama acara 3 hari di blog dotsemarang.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?