[Event] SMK Negeri 4 Semarang Gelar Pameran Animasi, Teaching Factory


Terakhir kali kami bicara tentang acara animasi di Kota Semarang adalah pada bulan November 2015. Lama sekali bila menariknya (waktu) ke sekarang. Mungkin kami butuh banyak informasi lagi, siapa tahu hanya kami saja yang ketinggalan banyak info seputar animasi.

Sabtu, 23 November 2019, kami menyempatkan melihat secara langsung pameran yang diadakan jurusan Animasi SMKN 4 Semarang di gedung Monod Diephuis & Co. Pameran yang bertajuk 'Teaching Factory' ini sudah berlangsung beberapa hari, dari tanggal 22-24 November.

Melihat peluang industri animasi di Semarang

Misi kami hadir untuk mendengarkan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan yang digelar, yakni diskusi dengan tema 'Peluang Industri Animasi di Semarang'. Sayangnya kami kehilangan momen karena berbarengan dengan acara Instameet Reunion.

Saat kami tiba, acara masih berlangsung dan berselang beberama menit, akhirnya usai.

Acara yang menghadirkan pembicara dari Papilon Studio, Burhan Arif dan alumni animasi SMK 4 Semarang yang kini bekerja di Jakarta, Ardian Krisna, adalah gerbang informasi untuk kami agar melihat perkembangan animasi yang telah lama tidak kami bicarakan di blog.

Meski akhirnya tidak mendapatkan apa yang kami cari, namun jangan khawatir. Kami berhasil wawancarai pembicara setelah usai acara. Butuh sedikit waktu untuk mendapatkan ini dan ditunggu info selanjutnya tentang pendapat mereka.

Rangkaian acara Pameran Kepo


Hadirnya pameran animasi yang diprakarsai SMKN 4 Semarang, yang juga menjadi salah satu program atau jurusan dari Sekolah ini merupakan yang pertama kali mereka gelar.

Dalam rangkaiannya yang dibagikan lewat Instagram @keposeries, acaranya meliputi :
  • Pameran karya
  • Launching film animasi
  • Launching game
  • Diskusi
  • Workshop
  • Lomba mewarnai
  • Live music
Saat kami menengok ruangan yang digunakan untuk pameran, di sana terpajang berbagai alat dan produk dari pihak Sekolah. Ada 3D printing, bingkai foto yang berisi hasil karya, produk jadi dalam bentuk miniatur patung, dan merchandise yang berada di depan, sebelum masuk ruangan.

Misi dibalik Pameran


Kami mendapatkan informasi menarik saat mewawancarai salah satu guru yang juga panitia, mas Muhamad Rofikin tentang misi besar dibalik Pameran Kepo. Ternyata pameran ini juga jadi momentum perayaan 10 tahun animasi hadir di SMK Negeri 4 Semarang.

Harapan dari acara ini, mereka dapat dikenal oleh warga Semarang dulu. "Bahwa animasi SMK Negeri 4 bisa bersaing dengan industri-industri yang ada di Semarang. Jadi karya-karya siswa bisa layak langsung dinikmati dan siswa-siswanya bisa langsung diserap industri dengan kemampuan yang bisa dilihat". Rofikin.

Tujuan berikutnya dari acara ini adalah menjadi momentum untuk Sekolah lain menggelar acara serupa. Menurut mas Rofikin, "Event anak SMK yang keluar sangat jarang."

Program Teaching Factory 

Pameran yang berisi karya-karya siswa SMKN 4 Semarang ini proses pengerjaannya cukup panjang. Media online yang juga sebagai media partner acara ini, jatengtoday.com menuliskan bagaimana proyek ini berjalan dari tahun 2018.

Salah satu animasi yang ditampilkan dalam pameran ini adalah Kepo. Animasi yang terinspirasi dari burung Kepodang ini menarik perhatian kami. Produknya sangat banyak menghiasi acara. Selengkapnya tentang pameran ini bisa dilihat di sini, versi jatengtoday.com.

 Mereka juga punya printer 3D
 Kepo, terinpirasi dari burung Kepodang
Bagian luar, panitia yang kebanyakan siswa benar-benar bekerja keras

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?