Skip to main content

Fam Trip Blogger, Cara Memasarkan Potensi Wisata Lewat Media Sosial


Tahun ini, Semarang kembali kedatangan bloger dari luar kota. Mereka datang dalam rangka Fam Trip Blogger yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Semarang dan Badan Promosi Pariwisata Kota Semarang (BP2KS).  Tahun 2017 merupakan Fam Trip Blogger kedua kalinya selama kegiatan ini dilaksanakan.

Apa yang dilakukan penyelenggara memang sangat menarik, terlebih lagi kegiatannya berdekatan dengan hari jadi kota Semarang yang tahun ini genap berusia 470 tahun. Kehadiran bloger bukan saja untuk ikut meramaikan HUT kota, tapi juga mengeksplore wisata kota Semarang yang kali ini fokus pada desa wisata.

Menjual potensi wisata lewat media sosial

Fam trip atau familiarization trip beberapa tahun belakangan memang terus dilakukan banyak pihak. Biasanya sebagian besar datang dari Pemerintahan, baik tingkat kota, Provinsi maupun Kementrian, khususnya bidang promosi Pariwisata.

Kami sendiri pernah mengikuti kegiatan seperti ini pada tahun 2013 yang dilaksanakan oleh Provinsi Jawa Tengah. Waktu itu bertajuk Fam Tour, kami mengeksplore Jawa Tengah dengan fokus beberapa kota tertentu. Untuk Semarang sendiri, kami belum pernah. Konten kami sudah terlalu umum untuk mengeksplore kota sendiri.

Melihat kegiatan ini dilakukan oleh bloger, kami berpikir bahwa ini merupakan cara menjual potensi wisata lewat media sosial yang menarik. Saat ini, influencer yang paling komplit untuk urusan media sosial memang adalah bloger. 

Mereka (bloger) bukan hanya jago nulis di blog masing-masing, tapi juga punya pengikut ribuan di beberapa akun personal media sosial mereka seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Jadi tidak heran ketika media sosial semacam Twitter, hashtag yang digunakan untuk menandai kegiatan mereka bisa menjadi trending Indonesia. Dan mungkin skala dunia.

Momen spesial

Di Semarang sendiri, kegiatan fam trip bloger ini identik dengan hari jadi kota. Mereka didatangkan sebelum hari H dan kemudian diikutkan beberapa agenda acara menyambut perayaan. 

Kami pikir mereka sangat lelah dengan agenda yang sangat padat. Namun fasilitas yang diberikan setidaknya bisa memberi mereka lebih semangat untuk bercerita lewat media sosial.

Cara pemasaran seperti ini, wajib diikuti kota lain di Indonesia

Cara pemasaran seperti ini sudah seharusnya bisa diikuti kota-kota lain. Beberapa kota di Indonesia lewat badan promosi wisatanya sudah sangat gencar melakukan. Bahkan di Semarang sendiri, mereka tak segan mengundang bloger luar negeri. Seperti Fam Trip kali ini yang mengundang bloger Singapura dan Malaysia.

Ada 25 bloger yang diundang kemarin yang hadir dari berbagai daerah. Ternyata kami baru tahu bahwa kota Semarang sendiri juga turut menghadirkan blogernya. Memang tidak sembarang bloger untuk bisa hadir. Spesifiknya lebih ke bloger yang bertema traveling.

Bloger sebagai duta wisata 

Artikel yang kami posting tahun 2016, masih dalam rangka Fam Trip Semarang, kami menyebut bahwa bloger saat ini adalah sebagai duta wisata, khususnya digital.

Mereka bukan saja memasarkan konten wisata yang mereka datangi langsung untuk dibaca masyarakat Indonesia sendiri lewat blog dan media sosial, tapi juga menyasar masyarakat dunia. 

Internet memang tidak memiliki keterbatasan saat ini untuk mendapatkan informasi. Dan bloger sebagai penyedia informasi tentu sangat dipahami oleh pihak-pihak yang menggandeng mereka untuk mengikuti kegiatan bertajuk Fam Trip. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Gambar : Twitter/primahapsari83
...

Kami melihat ini sangat positif, terutama bagi pihak-pihak terkait promosi wisata. Silahkan undang para bloger seperti kota Semarang yang baru-baru ini dilakukan, 5-6 Mei 2017 kemarin.

Selain bertujuan mengangkat potensi wisata lewat kanal digital, mereka bisa merasakan betul bagaimana wisata kota pengundang punya sesuatu yang menarik untuk diberitahukan kepada pengikut mereka di dunia maya.

Kementrian, Provinsi dan Kota sudah melakukannya. Apakah kota tempat tinggal Anda juga tidak ingin melakukannya? 

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Ini Harga Tiket Masuk Taman Margasatwa Semarang Tahun 2019

Terakhir kali kami memposting informasi harga tiket masuk kebun binatang Semarang pada bulan Maret 2014. Lama sekali. Dan sekarang, tahun 2019, kami memperbarui informasi soal tiket. Berapa kira-kira?

Januari akhir, kami berkunjung ke Taman Satwa Semarang atau Bonbin Semarang. Harga tiketnya tentu saja naik dengan tahun 2014 lalu. Tahun ini harganya 10 ribu rupiah, untuk hari Senin - Jumat.

Sedangkan untuk harga akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Termasuk hari libur Nasional, harga tiket masuk dibandrol 15 ribu rupiah. Jadi, tetap buka meski libur.

Untuk jam buka kebun binatang Semarang yang berada di Mangkang ini mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Sedangkan wahana permainan, buka dari jam 08.30 wib dan tutup jam 15.30 wib.

Pihak kebun binatang memberikan diskon potongan harga tiket buat pengunjung dengan rombongan minimal 30 orang. Dan ini menarik, bila memiliki anak berharap tidak bayar atau bayar setengah, sebaiknya ukur dulu tubuh si anak.

Bila tinggi badan di atas 80 cm, orang tua haru…

November 2019, Harga Tiket Bioskop Central City Turun Menjadi 25 Ribu Rupiah

Entah apakah ini kabar baik atau sebaliknya. Bagi kami, termasuk kamu yang senang nonton di bioskop, penurunan harga tiket bioskop merupakan kabar gembira. Central City yang baru sebulan buka bioskop, kini harga tiketnya cuma 25 ribu (hari biasa). 
Kamis, minggu kedua bulan November, saluran film yang biasa mengabarkan jadwal film - Kofindo mendadak dapat notif dari akun yang mengikuti di media sosial tentang harga tiket bioskop 21 di Central City.
Penurunan harga tiket ini dari kacamata penonton, yang awalnya 30 ribu menjadi 25 ribu adalah daya pikat untuk masyarakat pergi ke bioskop. Meski daftar film yang tayang juga menentukan.
Selain jadi kabar baik, kami memaknai juga tentang penurunan harga tiket ini karena daya jangkau masyarakat di Semarang Timur seperti kekhawatiran kami kurang mendapatkan antusias.

Hal lainnya juga karena faktor wilayah. Dibanding bioskop lainnya yang berada di tengah kota, masyarakat pergi ke bioskop memiliki banyak tujuan. Pangsa pasar yang berbeda, tent…

[Agenda] Korean Cultural Festival Semarang 2019 di Unissula

Tengah pekan ini, kami kedatangan acara promosi di Instagram dotsemarang. Bertajuk Korean Cultural Festival 2019, kamu yang tertarik dengan segala hal tentang Korea bisa datang ke sini dengan tiket masuk cuma-cuma, alias gratis.

Bertempat di aula lantai 3 gedung fakultas Kedokteran, acara Korean Cultural Festival digelar pada tanggal 23 November 2019. Banyak kegiatan yang ditampilkan, seperti :
Fashion Show HandbokBuchaceum danceTaekwondo danceKorean FoodKorean Handycraft Facepainting Selain itu, ada kompetisi yang turut meramikan seperti Sing Cover Competition, dan Golden Ball. Catat waktunya dan simpan dalam kalender pribadimu.


Lihat postingan ini di Instagram
Sebuah kiriman dibagikan oleh Dotsemarang (@dotsemarang) pada 13 Nov 2019 jam 11:37 PST ...
Halaman ini bersifat promosi berbayar. Selain menggunakan feed Instagram dotsemarang, promosi ini juga diposting di stories. Tertarik promosi seperti ini, hubungi kami via email di dotsemarang@gmail.com.
Artikel terkait : Agenda Brandhal Sa…

ASUS Zenfone 6 Resmi Hadir di Indonesia Dengan Bandrol Harga 7 Juta Rupiah

ASUS Indonesia akhirnya memperkenalkan Zenfone 6 secara resmi di tanah air, 15 November 2019, dengan bandrol harga 7 juta atau Rp 6.999.000. Dari 3 varian yang diluncurkan secara global, hanya satu yang dibawa, yakni seri ZS630KL dengan kapasista RAM 6GB dan penyimpanan atau ROM 128GB.
Entah apakah hanya perasaan kami saja, kali ini gegap gempita kampanye promosi yang dilakukan ASUS Indonesia kurang menggigit seperti biasanya. Zenfone 6 yang rilis secara global bulan Mei kurang memiliki daya pikat bila melihat jarak diperkenalkannya di Indonesia. Hampir 6 bulan.
Optimal setiap lini
Masuk dalam jajaran kelas premium, Zenfone 6 tentu saja datang dengan berbagai pengoptimalan. Mulai dari daya tahan baterai, kamera flip, hingga dukungan RAM GB dan Android 10.
Distribusi barang pun kembali memanfaatkan toko online hingga gerai offline semacam Erafone. Berbagai potongan harga diberikan, termasuk cara promosi yang sering kami jumpai di pameran komputer, tukar tambah atau trade in. Tentu semu…