Photoblog : Sejarah Rempah di Semarang

Membacanya terdengar keren, ya. Apalagi Kota Semarang termasuk dalam jalur rempah yang akhirnya dibuatkan wadah dalam bentuk acara. Tapi, maaf. Halaman ini tidak akan menulis begitu detail sejarahnya. Kami membawa beberapa gambar saja untuk langsung bercerita kepadamu.

Mari mundur ke belakang, akhir tahun 2023. Bila kamu mengikuti kami di blog, tentu masih ingat dengan artikel yang kami tulis tentang 'Jalur Rempah Tour 2023'.

Titik pusat acaranya ada di Kota Lama, tepatnya di gedung Oudetrap yang berada di sekitar Taman Srigunting. Nah, gambar-gambar ini diambil dari dalam ruangannya yang saat itu terbuka untuk umum acaranya.

Konsep ruangan

Di dalam gedung Oudetrap ada satu ruangan besar di dalamnya. Di ruangan tersebut sudah dikonsep dengan menarik yang menampilkan bagaimana memvisualisasikan rempah-rempah yang bisa dilihat dari dekat oleh pengunjung.

Bahkan, bisa memegang langsung asli rempah yang turut dihadirkan di dalam ruangan tersebut. Yang menarik, tentu bagaimana cerita yang dibuat di sana.

Sebuah backdrop besar ditampilin dengan cerita seperti judul halaman blog ini. Silahkan dibaca sendiri, kami tidak ingin kembali menuliskannya. 




Beberapa pengetahuan lain juga turut disematkan. Seperti jenis rempah nusantara yang mungkin generasi muda sudah lupa namanya meski tahu bentuknya. Atau, negara tujuan utama ekspor rempah Indonesia pada tahun 2022. 

Kolaborasi dengan komunitas lain

Tidak sekedar membranding ruangan dengan rempah-rempah sebagai pusat informasinya, di dalam ruangan ada beberapa hal menarik lain yang turut dihadirkan oleh beberapa komunitas.

Seperti gambar-gambar di bawah ini. Meski tidak semua kami ambil, setidaknya ada yang mewakili untuk kami pajang di halaman ini.



...

Selama acara berlangsung dari tanggal 2-10 Desember 2023, kami hanya datang pas acara tur saja. Silahkan baca tujuan tur yang kami ikuti yang masih berhubungan dengan rempah-rempah yang ada di Kota Semarang.

📷 Semua gambar dipotret dengan kamera smartphone ASUS Zenfone 5.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?