Mendadak Check-in Mandiri di Mesin Self Check-in Bandara Ahmad Yani Semarang

Begini kalau sudah lama tidak pernah pergi-pergi dan tahu-tahu harus check-in mandiri di mesin yang mirip ATM di sana (gambar). Meski penerapan ini sudah dilakukan sejak lama, kami baru mengalaminya bulan Maret kemarin.

Entah sejak kapan mesin self check-in itu ada di bandara Ahmad Yani Semarang. Kami yang awalnya mendatangi konter checkin, oleh petugas di sana, disarankan untuk langsung checkin di mesin untuk mendapatkan boarding pass.

Kata petugas, apabila bawaan penumpang tidak ada yang ditaruh dibagasi lain kali bisa langsung ke mesin tersebut. Konter sekarang lebih fokus ke penumpang yang membawa barang yang ditaruh di bagasi.

Mesin checkin

Mesin tersebut ada di depan konter. Penggunaannya juga cukup mudah untuk kami yang pernah menggunakannya. Ini mirip dengan proses chekcin Kereta Api kami pikir.

Antriannya juga tidak panjang saat kami tiba di depan mesin checkin. Itu karena prosesnya juga cepat. Setelah berdiri di depan layar mesin, kita hanya perlu pilih maskapai.

Lalu, masukkan informasi yang diperlukan seperti kode booking tiket dan identitas penumpang. Untuk kartu identitas tetap keluarkan dari dompet karena perlu dipindai. 

Setelah proses selesai, maka kertas boarding pass akan keluar dengan sendirinya. Kertas putih tipis yang sederhana namun tidak akan bisa masuk ke ruang selanjutnya apabila kita tidak menge-print-nya.

...

Dulu tiap berangkat naik pesawat lewat bandara Semarang, kita harus melewati proses konter chekcin demi mendapatkan kertas boarding pass. Sekarang lebih sederhana dan cepat karena menggunakan mesin self check-in.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?