SPBU Ahmad Yani Kota Semarang Layani Self Service

Entahlah kemana saja kami selama ini. Layanan self service di SPBU Kota Semarang sudah dimulai programnya sejak tahun 2017 dan kami baru mencobanya akhir tahun 2023 lalu karena kepepet dalam perjalanan menuju lokasi mini soccer.

Meski sudah lama, kami baru pertama kali menggunakan layanan ini di SPBU Ahmad Yani untuk antrian kendaraan roda dua. Bagaimana dengan roda 4? Kemarin, beberapa hari sebelumnya sebelum menulis halaman ini, layanan mengisinya dilakukan oleh karyawan atau petugas SPBU.

Pengalaman baru

Tentu, ini adalah pengalaman baru karena pertama kali. Sedikit gugup awalnya karena karyawan tidak membantu mengisikan ke tangki motor kami.

Saat tiba, kami ditanya mau ngisi berapa dan langsung membayar sejumlah nominal yang dikeluarkan. Lalu, karyawan menginstruksikan untuk mengambil selang bahan bakar untuk kami gunakan sendiri.

Eh...kaget saat itu. Setelah dijelaskan secara singkat, kami akhirnya menuruti saran si karyawan. Dan mudah ketebak, kegugupan kami membuat cara pengisian kami sedikit berantakan. Maksudnya bahan bakarnya ada yang tercecer di sisi tangki.

Saat menulis ini, tentu rasanya ingin tertawa. Lucu juga kalau mengingat hal tersebut. Padahal hanya perlu memasukkan moncong selang ke dalam tangki, apa susahnya malah.

Self service

Karena penasaran, kami mencari referensi di google. Dalam laman jateng.antaranews.com yang diterbitkan pada bulan Februari 2017, ditulis di sana jika SPBU Semarang mulai terapkan self service.

Layanan ini sudah diterapkan di Jakarta sebenarnya sebelum di Kota Semarang. Dengan penerapan ini diharapkan volume BBM yang terbeli sesuai harapan konsumen. Maksudnya tidak ada kecurangan.

Pertama kali diterapkan di SPBU Kota Semarang, layanan mandiri ini baru dilakukan di SPBU Kaligarang dan SPBU Kaliwiri. Ternyata sudah banyak dari awal. Entah sudah ada berapa banyak sekarang yang menerapkan self serive ini.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?