Favorit

Agenda Kota Semarang Bulan November 2025

Image
Salah satu acara menarik yang sukses mencuri perhatian kami di Kota Semarang pada bulan November ini adalah Padel masuk mal . Sebuah konsep yang terbilang unik dan anti-mainstream . Siapa sangka, olahraga yang sedang naik daun ini bisa dimainkan di tengah pusat perbelanjaan? Kami pun dibuat penasaran, seperti apa rancangan lapangan dan event yang disajikan nanti? Musim Hujan, Banjir, dan Tantangan Event Outdoor di Semarang November telah tiba, meninggalkan Oktober yang penuh dinamika. Khususnya, isu banjir yang kembali jadi perbincangan hangat. Entah mengapa, kali ini suaranya terasa lebih kencang, seolah menjadi jawaban atas keluh kesah para pengguna media sosial yang kerap mengeluhkan teriknya matahari Semarang. Jika berkaca pada kalender cuaca, Ibu Kota Jawa Tengah memang telah resmi memasuki musim penghujan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelenggara event , terutama yang masih mengandalkan ruang terbuka ( outdoor ). Tantangan ini juga berlaku bagi Anda,...

Ada Ikon Unik di Yogyakarta International Airport (YIA), Party Wisata?

Akhir bulan Maret kemarin, kami kembali lagi ke bandara Jogja yang berada di Kulon Progo. Tampak ikon baru yang beberapa bulan sebelumnya tak pernah kami lihat. Party Wisata, apakah itu?

Sabtu menjelang sore (30/3), masih seperti sebelum-sebelumnya, yaitu menjemput kerabat. Kami menunggu di gedung kedatangan seperti biasanya.

Dari lantai atas, pandangan kami menemukan ikon baru yang sebelumnya tidak ada di sana (gambar). Desainnya lucu dan menarik, apakah targetnya keluarga dan anak-anak?

Strategi pihak bandara?

Ternyata itu adalah program yang dihadirkan pihak bandara, PT Angkara Pura dengan Infia Corp sejak tanggal 14 Desember hingga Maret 2024. Pantes saja itu masih ada saat kami tiba.

Tujuannya, mengutip website rri.co.id yang dirilis tanggal 15 Desember 2023 adalah bagian strategi untuk meningkatkan trafik kunjungan di bandara.

Strategi ini dilakukan karena jumlah penumpang di YIA hanya berkisar 5-6 juta per-tahunnya. Sedangkan kapasitas di tahap 1, mencapai 14 juta penumpang per-tahun.

Branding wisata

Menarik mengetahui ini yang memilik tujuan menarik kunjungan masyarakat. Kami jadi ingat bandara lama Kota Semarang yang juga memiliki tempat wisata di bandara. 

Langkah pihak bandara patut diapresiasi dan dicontoh tentunya. Ikon Party Wisata yang ditonjolkan dengan karakter ikonik 'Hai Dudu' sebagai instalasai visual adalah caranya.

Jika melihat upaya branding wisata yang dilakukan pihak bandara, kira-kira gimana hasilnya? Entahlah, kami tidak tahu. Kedatangan kami juga hanya pengunjung biasa saat mengetahui ikon tersebut, bukan undangan media seperti biasanya.

Akan diterapkan ke bandara lain di Indonesia

Oh begitu. YIA jadi lokasi pertama penerapan konsep #PartyWisata ini. Itu berarti konsep ini bukan pihak bandara yang membuatnya, melainkan INFIA Corp ( Intellectual Property (IP) di Indonesia).

Yah, mari kita tunggu apakah akan turut hadir juga di bandara Kota Semarang. Semoga saja pihak INFIA melirik kami untuk mengundang. Seperti apa sih infonya secara langsung dan bagaimana cara mereka membangun konsepnya tersebut.

Saat di Jogja, kami hanya melihat sekilas dari gambar yang kami unggah di halaman ini. Selain ikon Party Wisata, beberapa kereta kencana juga terlihat di sana (YIA).

Menarik!

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Agenda Kota Semarang Bulan November 2025

ASUS Gaming V16 (2025): Laptop Gaming Entry-Level yang Smart Budget, Lebih Power dari K16!

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?

Review Portal Resmi Pantau Banjir Semarang: Simpel, Resmi, dan Wajib Bookmark Warga Ibu Kota Jawa Tengah