Sisi Unik Pasar Gang Baru Semarang, Ada Buruh Gendong

Salah satu pasar yang menarik di Kota Semarang dan dapat dijadikan tujuan atau kegiatan wisata selain Pasar Johar adalah Pasar Gang Baru yang letaknya berada di kawasan Pecinan. 

Kami kembali mampir sekalian berbelanja di Pasar Gang Baru akhir bulan Maret kemarin (31/3). Meski ini bukan kali pertamanya, melihat ibu-ibu yang membawa keranjang di belakangnya selalu menarik perhatian.

Bahkan, mereka tak ragu menawarkan jasa angkutnya tersebut kepada kami saat sedang memilih sayuran di salah satu lapak. Berapa kalau sekali angkut kata kami kepada si ibu paruh baya tersebut. Seikhlasnya, katanya.

Itu berapa kata kami dalam hati yang belum pernah pakai layanan angkut yang disebut Buruh Gendong atau perempuan pengangkut belanjaan.

Pasar terbersih

Mumpung momennya lebaran, kami pikir menarik untuk diposting. Khususnya buruh gendong. Orang-orang akan melihat sisi lain Kota Semarang, apalagi yang sedang mudik atau jarang tahu kehadiran buruh gendong ini.

Kami jadi ingat saat lduladha kemarin, pasar ini tetap beraktivitas seperti biasanya. Tapi entah dengan para wanita gedong saat itu yang tidak kami temukan.

Saat kami cari di google, ada cerita menarik dari salah satu buruh gendong yang kami baca dari website ayosemarang.com yang dipublish tahun 2023. 

Umurnya sekitar 45-50 tahun dan sudah bekerja sebagai buruh angkut sejak muda hingga punya cucu. Itu luar biasa, bukan! Si ibu tersebut dan buruh lainnya akan mulai beraktivitas atau bekerja sejak pagi, saat pasar ramai.

Pasar Gang Baru disebut juga sebagai pasar terbersih di antara pasar lain yang berada di Kawasan Pecinan. Mengutip dari web disbudpar, letak pasar yang berada di Pecinan sejak abad ke-16 juga memberi arti penting bagaimana perpaduan kolonial dengan etnis Tionghoa di sana yang menambah kesan menarik.

Sisi menarik dari Pasar Gang Baru selain buruh angkut atau gendong adalah dagangannya di sana yang menjual bahan-bahan makanan dan kuliner khas Chinese.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?