Mengunjungi Kebun Cengkeh di Kabupaten Semarang

Tujuan terakhir dari kegiatan acara 'Jalur Rempah Tour 2023' adalah mengunjungi Kebun Cengkeh yang berada di wilayah Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Seperti apa kunjungannya di akhir pekan (9/12/23)?

Medannya tidak mudah dilalui kendaraan yang kami tumpangi. Suasananya malah mengingatkan kami dengan memori saat kegiatan famtrip di Posong, Kabupaten Temanggung. Memang sangat asri karena kami naik ke kaki gunung Ungaran, hanya saja cukup menegangkan juga.

Ternyata gagal

Di antara 3 tujuan sebelumnya, kunjungan terakhir memang sangat menarik. Sudah lama sekali tidak berwisata ke alam, apalagi kebun teh yang dikelola PT. Cengkeh Zanzibar.

Sesua tema tur kali ini, cengkeh merupakan salah satu rempah penting dalam jalur perdagangan rempah dan juga merupakan rempah-rempah asli Indonesia. Ciri khasnya adalah aroma yang kuat dan rasa panas yang menyengat.

Sayangnya meski kami tiba di lokasi utamanya, rombongan kami gagal mengeksplore kebunnya seperti yang diharapkan. Ternyata ada mis komunikasi antara kantor utama dan daerah. Ditambah, waktunya yang semakin sore.

Edukasi pengelola 

Meski begitu, penanggung jawab perkebunan masih menyempatkan menyapa kami sambil meminta maaf karena koordinasinya yang kurang cepat.

Tempat yang kami singgahi mirip lapangan luas ini akhirnya jadi wadah buat kami bertanya tentang perkebunan. Dari mulai sejarahnya yang rupanya ada dari jaman Belanda, hingga hal-hal yang berhubungan dengan alasan mengapa Cengkeh gagal panen.

...

Mungkin kami sedang tidak beruntung hari ini. Namun edukasi yang kami dapatkan dan kunjungan langsung, memberi kami sedikit pencerahan. Lain kali, semoga dapat kembali ke sini.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?