GoPay Later, Sebuah Solusi?


Terakhir nulis tentang Gojek setahun lalu dan dalam rentang tersebut, kami baru ngeh jika sekarang pembayaran di Gojek, yaitu GoPay sudah tersedia Pay Later (bayar nanti). Apakah ini sebuah solusi?

Sebagai salah satu pengguna aplikasi Gojek, kami juga baru tahu beberapa bulan lalu jika sekarang GoPay memisahkan diri dengan berdiri sendiri sebagai aplikasi. Namun aplikasi induknya, Gojek, GoPay masih ada. Entahlah, apa yang dipikirkan pihak aplikasi.

Solusi?

Kami menekankan kata solusi karena akhirnya kami mengaktifkan metode pembayaran pay later di GoPay pada bulan Februari kemarin. Saat itu, kami berencana menghadiri sebuah undangan dari kafe yang ingin mengenalkan inovasi baru dari salah satu menunya.

Karena lokasinya berada di Semarang bagian atas, mau tidak mau kami harus memakai ojek online sebagai alat transportasi. Tidak mungkin kami menggunakan sepeda ke sana. Atau naik Trans Semarang yang harus keluar dari tempat tinggal dengan jarak 1 km lebih untuk sampai di haltenya.

Kami sendiri punya 2 aplikasi ojol, yaitu Gojek dan Maxim. Seharusnya pilihannya ada di Maxim karena harga yang ditawarkan selalu lebih murah dari aplikasi ojol lainnya. Hanya saja karena pembayarannya harus tunai, terpaksa libur dulu menggunakannya. Maklum isi dompet lagi kosong.

Pilihan terakhir adalah gojek yang ternyata juga tidak mudah kali ini. Saldo di aplikasi tidak cukup. Mau ngisi lewat online, saldo di tabungan juga lagi cekak. Padahal cuma butuh 15 ribu rupiah. Miskin sekali kami hari itu. 😅

Nah, di sini kami akhirnya baru tahu jika Pay Later tersedia di aplikasi gojek. Karena pernah mencoba Shopee Later, kami tidak ragu gunakan. Syaratnya juga mudah seperti yang kami perkirakan, yaitu hanya  perlu e-KTP dan selfie dengan KTP tersebut.

Tinggal menunggu sebentar, akhirnya akun kami disetujui. Ya, ini solusi sekali ketika kami butuh cepat untuk digunakan. Pembayaran ojol via gojek pun lebih nyaman dan santai. Meski harus memikirkan pembayaran utannya di bulan berikutnya.

GoPay Later adalah solusi yang memang dibutuhkan saat darurat seperti yang terjadi pada kami. Terutama untuk waktu jangka pendek. Pembayarannya bisa ditalangin aplikasi, namun jangan lupa bayar biaya talangannya bulan depan.

Untuk pengguna baru seperti kami, saldo yang diberikan adalah 1 juta rupiah. Entah apakah kamu juga mendapatkan nominal yang sama atau mungkin lebih dari ini. Jika lebih, mungkin karena kamu merupakan pelanggan yang royal dan setia pada mereka (gojek).

GoPay Later juga bisa digunakan untuk alat pembayaran di aplikasi Tokopedia. Kami tidak menggunakan aplikasi e-commerce ini karena sudah menggunakan Shopee. Terlalu banyak, hanya membuat hape kami terasa berat.

Meski ini sebuah solusi, kami juga harus tetap hati-hati. Metode pembayaran pay later seperti pedang bermata dua. Bisa jadi solusi, juga bisa jadi sangat meresahkan apabila tidak berkomitmen dengan kreditnya. Sebaiknya gunakan hanya untuk yang berguna saja dan yang mendesak.

📝 Bukan postingan berbayar atau kerja sama.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?