Kolaborasi Nokia dan XL Axiata Sukses Tingkatkan Jaringan untuk 5G di Jawa Tengah


Apa kabar Jaringan 5G di Kota Semarang? Entahlah, kami masih belum mendapatkan informasinya lebih lanjut. XL baru saja mengirimkan rilisnya beberapa hari kemarin dan sepertinya menarik untuk diketahui. Intip detailnya berikut ini.

Kamis tanggal 7 Maret, rilis ini kami terima. Waktunya bersamaan dengan launching laptop 2 layar ASUS, Zenbook DUO. Sebuah kolaborasi tercipta di sini, antara Nokia dan XL Axiata untuk meningkatkan jaringan 5G di Jawa Tengah.

Nokia hari ini mengumumkan keberhasilan proyek lima tahun dengan XL Axiata, operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia, untuk modernisasi sekitar 4.400 site yang ada dengan mengganti jaringan dan menambah site baru. 

XL Axiata mengadaptasi solusi Nokia untuk membangun jaringan 5G di empat kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2023, yakni 

  1. Semarang
  2. Yogyakarta
  3. Surakarta
  4. Pekalongan

Pengguna XL Axiata di wilayah tersebut kini dapat menikmati jangkauan dan kualitas jaringan yang lebih baik. Sebagai gambaran, wilayah Jawa Tengah mencapai Pertumbuhan Payload tertinggi hingga 27% di antara wilayah lain selama libur Lebaran 2023 dan libur Natal dan Tahun Baru (NARU) 2023. 

Menjadi nomor 1 dalam latensi rendah dibandingkan operator lain di wilayah tersebut berdasarkan data Crowdsourced benchmarking terpercaya. 

XL Axiata menerapkan program AirScale, Dynamic Spectrum Sharing (DSS), dan Network Performance Improvement (NPI) dari Nokia, serta melakukan modernisasi jaringan dan meningkatkan kapasitas, agar kinerja jaringan lebih unggul secara keseluruhan. 

Perusahaan tersebut juga menggunakan layanan pemeliharaan dan dukungan jaringan Nokia untuk memastikan kualitas layanan terbaik di kelasnya. Modernisasi jaringan di Jawa Tengah berhasil dilakukan Nokia tanpa mengganggu aktivitas pelanggan. 

XL Axiata berkomitmen untuk membangun jaringan 5G menggunakan teknologi Nokia 5G di 4 kota di Jawa Tengah. Infrastruktur 5G ini akan digunakan sebagai basis pengembang aplikasi untuk uji coba dan menyebarkan aplikasi 5G mereka. 

XL Axiata dan Nokia juga telah menandatangani MOU Co-Development Program on 5G Cloud RAN pada Executive Review Meeting di kantor pusat Nokia, di Finlandia, sebagai kolaborasi untuk mempersiapkan XL Axiata dalam berbagai penerapan 5G di masa yang akan datang.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata Indonesia, I Gede Darmayusa, mengemukakan

Kami sangat senang dengan pelaksanaan proyek yang berjalan lancar dan tepat waktu. Berkat jaringan yang dimodernisasi, kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan XL Axiata akan jangkauan dan kinerja jaringan terbaik di kelasnya. Ke depannya, kami juga menantikan kerja sama dan kolaborasi selanjutnya dengan Nokia.” 

Nokia Head of Market Unit – Indonesia, Ozgur Erzincan, mengatakan 

Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang melibatkan penyedia layanan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman bagi penggunanya. Kami senang bahwa solusi kami membantu XL Axiata dalam proses modernisasi sekaligus meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 5G. Kini, XL Axiata memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya.”

📝 Rilis XL Axiata

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?