Dugderan Semarang Tahun 2024 Sudah Dimulai Sejak Akhir Bulan Februari

Agenda penting Kota Semarang bulan Maret ini adalah Dugderan. Acara setahun sekali dalam rangka menyambut bulan puasa sudah menjadi semacam ritual atau penanda. Dugderan Kota Semarang biasa dimulai dengan Pasar yang biasanya berlokasi di sektar Masjid Kauman.

Kami tidak menyangka jika Pasar Dugderan sudah dimulai sejak tanggal 28 Februari. Padahal kam menuliskannya pada tanggal 1 Maret. Kegocek sendiri rupanya. Begitulah acara atau kegiatan yang selalu berubah sewaktu-waktu.

Pasar Dugderan

Ada yang berbeda kali ini saat kami melihat langsung suasana Pasar Dugderan yang berada di sekitar Pasar Johar. Tidak ada aneka wahan permainan yang biasanya menghiasai. Padahal tahun 2023, kami sempat mengabadikan ada apa saja di Pasar Dugderan. Intip wahana permainannya di sini.

Gambar ini kami ambil tanggal 29 Februari 2024

Karena adanya Pasar Dudgeran, ruas jalan menuju Kawasan Pasar Johar terpaksa ditutup. Seperti gambar yang kamu lihat di atas. Tapi, sebenarnya bisa diakses jika masih pagi hari. Khususnya roda 2.

Terkait wahana permainan kami sempat menayakan kepada orang sekitar. Katanya baru ada pada tanggal 5 Maret. Namun saat kami cari tahu di internet, mengutip suarabaru.id yang dipublish tanggal 28 Februari, memang ditiadakan karena tidak diperbolehkan oleh Wali Kota dengan beberapa pertimbangan.

Kirab budaya Dugderan

satu hari menjelang puasa, Dugderan akan dilakukan dengan kirab budaya. Acara yang akan membuat ruas jalan utama ditutup seperti jalan Pemuda.

Momen tahun 2023

Kirab budaya Dugderan diagendakan tanggal 9 Maret 2024. Biasanya akan dimulai dari pagi hari di Balai Kota Semarang. Usai digelar ritual di Balai Kota, arak-arakan Dugderan akan berangkat menuju Masjid Kauman. Lalu, ditutup di Masjid Agung Jawa Tengah.

Masih ada 1 lagi sebenarnya yang peserta kirabnya diikuti anak-anak atau pelajar. Namun kami belum mendapatkan info soal acara ini. Kami akan terus memantau dan memperbarui halaman ini.

Yang baru tinggal d Kota Semarang, bisa buka beberapa artikel kami di bawah ini.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?