Event #NgumpulBarengKreator di Kota Semarang


Kota Semarang kembali disambangi YouTube dan Tim Collab Asia sebagai partner digital untuk acara yang kali ini diadakan di Epicure Sky Terrace hari Sabtu kemarin (10/6). Acaranya ngapain saja sih?

YouTube Shorts terus didorong untuk berkembang di tengah gempuran platform video pendek yang tengah digandrungi masyarakat digital. Apalagi potensi YouTube Shorts juga sangat besar yang tentu dibutuhkan strategi khusus agar orang-orang mau menggunakannya.

Kumpul kreator

Bila tahun sebelumnya, event YouTube Shorts lebih banyak dipersentasikan dengan berbagai informasi tentang keuntungan dan mengapa harus membuat video di sana, kali ini acaranya lebih sebagai wadah kumpul atau gathering.

Erlita (kanan)

Ada banyak pembuat konten yang hadir namun yang bisa datang adalah undangan terbatas. Kami hanya beruntung bisa turut hadir mengingat beberapa kreator memiliki subscriber yang bahkan di atas rata-rata kami.

Selain sebagai ajang mempererat hubungan, acara juga dimanfaatkan untuk bertukar informasi seputar YouTube Shorts. Banyak pertanyaan yang disampaikan para kreator dan langsung dijawab oleh perwakilan Collab Asia yang hadir, yaitu Erlita. 

Paling menarik adalah tentang uploader atau akun yang memposting ulang video yang dibuat akun aslinya yang di mana jumlah penayangan atau views-nya lebih banyak si uploader. Bagaimana dengan monetisasinya?

Membangun komunitas

Collab Asia sebagai partner resmi YouTube di Indonesia memang cukup agresif menurut kami. Acara kali ini menurut Erlita sebenarnya direncanakan jalan sebelum puasa, entah kenapa akhirnya sekarang yang bertepatan dengan peringatan Hari Media Sosial tanggal 10 Juni.

Saat kami tanya pun, program #NgumpulBarengKreator ini dimulai dari Kota Semarang. Itu artinya Ibu Kota Jawa Tengah adalah kota pertama, mengingat akan ada acara serupa yang target kunjungan tahun 2023 ini mengarah ke wilayah Indonesia Timur.

Mengumpulkan para pembuat konten tentu gampang-gampang susah. Apalagi memfasilitasi tempat yang kami anggap Epicure Sky Terrace termasuk mewah untuk ukuran kami.

Dibalik itu tentu, tujuannya adalah membangun komunitas. Ya, meski tidak ada ikatan seperti komunitas yang kita bayangkan selama ini. 

Platform butuh komunitas yang dalam dunia pemasaran memiliki pengaruh dan menarik perhatian orang lain. Bagi kreator ini semacam validasi. Sedangkan platform, YouTube Shorts, memiliki ikatan kuat yang sewaktu-waktu dapat bergerak atas nama loyalitas.

....

Ada apa lagi selama acara? Beberapa kreator yang hadir mendapatkan hadiah berupa bingkisan dan nominal tertentu dalam bentuk saldo usai menyelesaikan tantangan yang diberikan penyelenggara. Sayangnya, kami tidak beruntung selama kegiatan.

Selanjutnya? Ditunggu saja di kota berikutnya, siapa tahu kamu mau ikut. Kita tidak tahu banyak pembuat konten yang berada di sekitar kita yang berbakat dan berpengaruh. Mengenal mereka, jangan lupa ajak kolaborasi tentunya.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?