Menyaksikan Tarian Sang Baruklinting di Kota Lama Semarang

Tarian yang tidak asing bagi kami yang pernah menyaksikan pada tahun 2021. Apalagi tarian ini menceritakan tentang legenda naga Baruklinting. Meski agak berbeda kali ini, kami senang melihatnya kembali.

Sabtu tanggal 20 Mei, masih acara Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023, kali ini kami berada di dekat panggung event bersama yang sedang mengadakan kompetisi tarian.

Sang Baruklinting

Kebenaran saat kami tiba, baru dimulai penampil dari Kabupaten Semarang yang diwakili Sanggar Seni Puspita Kencana yang membawakan tari kreasi baru 'Sang Baruklinting'.

Tentu, sebuah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan karna para penari tampil sangat dekat dengan kami dan penonton lainnya. 

Kami terkesima dengan penampil dengan kostum naga yang rasanya baru kali ini kami lihat setelah tahun 2021 saat acara Event Rawa Pening Performing Art.

Sang Baruklinting sendiri mengisahkan tentang asal muasal dibalik keindahan Rawa Pening. Konon dulu ada sepasang suami istri yang memiliki anak berwujud naga yang akhirnya bernama Baruklinting. 

Cerita yang turun temurun ini bisa ditemukan juga di Bukit Cinta yang diwujudkan dengan gambar timbul di tembok di sana. Jika penasaran cerita aslinya, bisa dicari di google karena sudah banyak yang mempostingnya.

Terpilih sebagai Penyaji Terbaik Ke-3

Pertunjukan yang tampil sebenarnya ada banyak, namun kami hanya menyaksikan dari Kabupaten Semarang 'Sang Baruklinting'. 

Lewat akun instagram @pesona_kabsemarang yang dikelola Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, tarian Sang Baruklinting memperoleh  'Penyaji Terbaik ke-3' dalam gelaran Event Bersama Kedungsepur di acara Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023.

Yang penasaran seperti apa tariannya bisa lihat di video pendek kami di YouTube dotsemarang atau di atas ini yang sudah kami simpan dalam daftar putar atau playlist. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?