[Review] Event Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023

Kawasan Kota Lama Semarang kembali lebih ramai usai di bulan yang sama juga ada acara yang kurang lebih sama. Bedanya kali ini acara digelar langsung oleh Kementerian Pariwisata yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang. 

Event "Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023 digelar selama 3 hari dari tanggal 19-21 Mei 2023. Dalam debutnya, event ini langsung dihadrii Mas Menteri Sandiaga Uno.

Daftar acara

Meski ini acara sangat besar skalanya, perhatian kami hanya tertuju pada gelaran Semarang Night Carnival yang sudah jauh-jauh hari mengambil slot waktu di bulan Mei. Entah kenapa event Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023 mendadak jadi acara utamanya. Mungkin kami saja yang tak begitu mengikuti. 🥲

Lagi-lagi di acara seperti ini kami hanya jadi penonton di kota sendiri, termasuk SNC 2023. Padahal melihat daftar acaranya sangat beragam, mulai dari

  • Pameran produk ekonomi kreatif
  • Forum diskusi KaTa kreatif
  • Pergelaran orkestra
  • Pergelaran seni pertunjukan
  • Fashion show
  • Local market meet up
  • Business meeting
  • Coaching ekraf
  • Live cooking kuliner
  • Nonton bareng ekraf. 

Kota Semarang tuan rumah

Acara Semarak Jejakk Kreatif Indonesia sendiri baru kali pertama digelar dan menempatkan Kota Semarang sebagai tuan rumah. Alasan pemilihannya karena keseriusan Pemkot Semarang dan Jawa Tengah dalam pengembangan ekosistem ekonimi kreatif.

Sangat disayangkan memang bahwa kegiatan ini tidak merangkul blogger seperti kami. Sepertinya porsi untuk bloger memang sudah kadaluwarsa dalam dunia pemasaran konten.

Mungkin ini hanya dotsemarang saja, mengingat selama acara ada kegiatan pemasaran konten yang melibatkan influencer dan komunitas wisata seperti biasanya.

Pada akhirnya konten yang kami publish tidak maksimal jadinya. Status tuan rumah seharusnya dapat memberi fasilitas lebih. Sangat disayangkan memang.


...

Banyak stan-stan yang menarik sempat kami abadikan dalam kamera smartphone kami. Apalagi yang hadir bukan hanya dari Jawa Tengah, tapi dari luar pulau Jawa. Semoga kami bisa segera membagikannya, meski hanya sebatas foto saja.

Apakah bulan Juni, Kota Lama kedatagan acara seru lagi?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?