Ada Kamera CCTV di Setiap RT di Kota Semarang

Akhir-akhir ini kami baru menyadari jika setiap melintas beberapa kampung di Kota Semarang terdapat pemberitahuan tentang daerah yang dipasang CCTV. Penasaran jadinya kira-kira sejak kapan ada peraturan pemasangan CCTV.

Ternyata program penambahan kamera di setiap RT sudah dimulai sejak tahun 2019. Langsung mengerut dahi, kemana saja kami selama ini. 😅

Program Wali Kota Mas Hendi

Rasa penasaran kami akhirnya terdampar di website semarangkota.go.id yang sudah dipublish bulan Agustus 2022.

Disebutkan di sana, pemasangan kamera CCTV dilakukan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) Kota Semarang dan ditargetkan rampung bulan September 2022.

Anggaran yang digelontorkan juga nggak main-main karena mencapai milyaran. Detail beritanya bisa dibuka di sini.

Tujuan pemasangan

Pantesan kami semakin sering melihat kamera CCTV beberapa kampung yang kami lewati. Apakah ini bagian dari penerapan Semarang Smart City?

Bila membaca website pemkot, pemasangan kamera CCTV dilakukan di daerah yang memiliki tingkat rawan kriminal tinggi, aktivitas masyarakat yang ramai, kepadatan penduduk dan rawan bencana.

Jadi, tidak semua kampung atau daerah apabila tidak memenuhi kriteria yang disebut di atas. Tergantung sih ya kan. Kalau komplek perumahan sepertinya pasti akan memasang kamera CCTV.

...

Pemasangan kamera CCTV ternyata tidak mudah dilakukan. Saat baca lebih lanjut situs pemkot, ada saja penolakan. Kira-kira ada berapa banyak unit CCTV yang telah dipasang Pemerintah Kota Semarang ya?

Apakah di kampungmu sudah ada kamera CCTV?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?