[Review] Semarang Night Carnival 2023

Suasananya penuh sesak oleh masyarakat yang sangat antusias menunggu acara yang akhirnya turun gunung usai dua tahun terakhir digelar di tempat yang jauh dari pusat keramaian Ibu Kota. Meski begitu, gelaran berjalan lancar dan semua terlihat senang menyaksikannya.

Kami masih bingung mengapa acara sekeren ini masih sekedar pemanis acara lainnya. Ibarat donat, gelaran setahun sekali ini hanyalah toping pemanisnya saja.

Semarang Night Carnival 2023 digelar bersamaan event perdana Semarak Jejakk Kreatif 2023 yang debutnya kali ini mengambil Kota Semarang sebagai tuan rumah. Tentu, event yang dihadiri Mas Menteri ini seharusnya dapat exposure besar.

Tema SNC

Mereka menyebutnya event kolaborasi, istilah yang sudah sangat familiar bagi pemasar. Begitulah yang terjadi tahun ini untuk acara Semarang Night Carnival 2023. Dan ini juga bukan kali pertamanya gelaran SNC melakukannya.

Dengan mengusung tema 'The Luxury', SNC 2023 menghadirkan 4 jenis kostum seperti keris, chandelier, kipas, dan lotus. Ada sekitar 120 peserta yang mengikuti acara carnival tahun ini.

Sayangnya karena sulit mendapatkan spot foto terbaik, kami tidak banyak mendapatkan gambaran besar seperti apa mewahnya kustom yang dikenakan peserta.

Penuh sesak

Acaranya sendiri digelar di Kota Lama dari depan gedung Marba sampai Titik Nol Kilometer. Pemandangan penuh lautan manusia terlihat sepanjang lokasi. Kekhawatiran kami akan molor seperti biasanya ternyata terbukti.

Panggung utama

Peserta karnival baru mulai bergerak di atas jam 8 malam atau hampir pukul 9 malam. Padahal kami sudah menunggu dari jam 7 malam.

Selama menunggu acara, panggung utama yang tepat di depan gedung Marba menjadi pusat atau titik acara berlangsung. Sambutan satu persatu dimulai dari sini.

Waktu yang begitu lama memang rasanya tidak berarti karena banyak suguhan hiburan, namun ada kejadian menarik di sebelah kami saat menunggu. 

Ada perwakilan Denok Kenang yang pingsan karena suasananya yang memang cukup sulit (berdesakan). Bahkan, kami sempat terdorong jatuh karena ada orang yang meringsek masuk dari belakang kami yang ingin menuju panggung utama.

Antusias vs Momentum

Semarang Night Carnival sendiri menjadi bagian penting acara untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Semarang yang tahun ini berusia 476 Tahun. Tentu ini sebuah momentum yang ditunggu-tunggu, ditambah kegiatan ini juga menjadi bagian acara Semarak Jejakk Kreatif 2023.

Masyarakat sangat antusias menyaksikan SNC yang tahun ini juga sudah berjalan ke-13 kalinya. Bila offline saja sudah begitu besar antusiasnya, bagaimana dengan online?

Kami sempat mendengar MC yang berbicara di panggung, acara SNC 2023 dikatakan sudah trending di linimasa Twitter. Namun saat kami cek, tidak begitu terlihat. Bahkan, tidak masuk daftar trending di akun Twitter dotsemarang. Apakah pengaturan lokasinya berbeda?

Dari sisi pemasaran digital yang biasanya mengundang pemilik blog atau komunitas wisata,  juga tidak begitu terlihat meski saat acara berlangsung ada wajah-wajah yang familiar. Apakah penyelenggara kali ini kembali mengundang mereka?

Kami sempat bertemu perwakilan Disporapar Jawa Tengah yang mengatakan ada mengundang sejumlah influencer sekitar 20 orang yang hadir di lokasi. Sayang kami tidak bertemu dengan mereka kali ini.

...

Bulan Mei, Kota Semarang sangat ramai oleh berbagai acara. Kami senang bisa kecipratan antusiasnya kali ini. Saat acara SNC juga, ada acara lain yang tak kalah menarik digelar bersamaan di akhir pekan.

Mari bertemu lagi tahun depan di Semarang Night Carnival tahun 2024. Kira-kira, akan diadakan di mana?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?