Semarang Night Carnival Tahun 2024

Tahun ini acara tahunan Kota Semarang, SNC atau Semarang Night Carnival sudah berjalan ke-14 kalinya. Untuk memaksimalkan event-nya, dipilihlah rute Balai Kota - Simpang Lima di akhir pekan, Sabtu (4/5). Apakah meriah?

Pertanyaan yang sulit kami jawab karena kami tidak berangkat kali ini seperti tahun-tahun sebelumnya untuk melihat langsung. Keputusan ini juga diambil dengan berbagai pertimbangan meski sebenarnya tetap bisa berubah sewaktu-waktu. 

Ya, kami sudah memikirkan jauh-jauh hari semenjak merilis artikel di bulan April sebelumnya tentang waktu pelaksanaan SNC yang jatuh pada tanggal 4 Mei 2024.

Apalagi kami tahu, acara seperti ini bisa dimaksimalkan lewat komunitas Genpi yang biasanya dilibatkan. Beberapa tahun belakangan mereka sangat powerfull untuk mempromosikan.

Bahkan, acara SNC sampai pernah ngundang influencer dan content creator dari luar kota agar momennya dapat dan pengaruhnya lebih besar. 

Kami sebagai bloger yang tinggal di Kota Semarang terkadang sangat iri dengan perlibatan pemasaran digital seperti itu. Nama dotsemarang paling maksimal ikut terlibat paling dikasih co-card. Sepertinya memang kredibilitas kami tidak menarik penyelenggara. 😅

Mendadak keluar kota

Mari kembali ke topik utama. Saat menulis halaman ini, Rabu pagi (8/5), kekhawatiran kami terjadi juga ternyata. Dokumentasi yang kami bayangkan yang sesuai harapan kami ternyata tidak kami temukan setelah mencari di berbagai platform dengan berbagai kata kunci Semarang Night Carnival hingga tagar tertentu. Entah itu media sosial semacam X maupun Instagram, atau Google.

Gambar mana yang menampilkan sudut pandang yang menarik dengan cakupan luas mata memandang saat kami telusuri satu persatu akun-akun media sosial? Ternyata tidak ada. Acara SNC terasa biasa jadinya. Kami masih berharap beberapa hari ke depan, gambar-gambar tersebut akan muncul. Biasanya masih belum dipublish oleh mereka yang mengerti sudut pandang (fotografer dsb).

Ini memang adalah kesalahan kami yang sudah punya niat tidak ingin hadir jauh-jauh hari karena merasa acara ini sudah pasti rame dan dapat pengaruh luar biasa dari media arus utama. Ditambah, pada hari H kami malah mendadak keluar kota karena harus menemani kerabat yang harus mengikuti acara di Boyolali. Apakah ini semacam restu semesta?

Tahun ke-14

Kami tahu halaman ini lebih rasa kecewa ketimbang menemukan artikel sesungguhnya yang membahas gelaran SNC 2024. Tidak ada gambar yang mewakili, termasuk video yang seperti tahun lalu kami buat saat SNC 2023 di Kota Lama Semarang.

Semarang Night Carnival tahun ini sendiri sudah berjalan ke-14 kalinya. Kok dejavu bacanya, ya? Oh ya sudah di paragraf pertama. 😅

Tema yang diusung adalah NISCALA yang diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti kuat dan kokoh. Tema ini digambarkan sebagai kekuatan antara perpaduan yang menyeluruh dari segala aspek kehidupan yang ada di Kota Semarang. 

Dari tema ini, ada 4 sub tema yang dipakai untuk digunakan peserta seperti yang sudah kami posting bulan April kemarin, yaitu Elang Jawa, Rewandha, Barongsai dan Warak Ngendok. 

Beruntung dalam gelaran acara kali ini, cuaca di Kota Semarang sangat cerah. Betapa menderitanya apabila hujan turun bagi para peserta karnaval yang membawa kostum yang sangat berat.

Bila kami hadir, kami membayangkan spot menarik saat menunggu, yaitu jembatan penyeberangan yang ada di dekat Masjid Baiturrahman. Itu adalah spot bagus untuk mengambil gambar landscape acara SNC 2024.

Namun entah kenapa, saat kami baca salah satu akun Instagram yang sering membahas pembangunan Kota Semarang menyebut jika para penampilnya terlalu sedikit. Hanya ada 6 defile, termasuk drumband Akpol. Sehingga nontonnya terasa cepat berlalu dan sudah. Apakah terasa tidak berkesan? Kami jadi penasaran sendiri.

Meriah ?

Tidak seperti tahun lalu saat Kota Semarang ulang tahun yang diramaikan dengan ratusan karangan bunga yang mewarnai sepanjang jalan, tahun ini rasanya tidak terlalu berkesan. Padahal gelaran SNC bisa jadi dorongan untuk menambah kesan tersebut.

Semarang Introducing Market 2024

Apalagi diadakan hari Sabtu malam dan esoknya hari Minggu pagi ada Car Free Day yang menambah suasana keramaian di Simpang Lima.

Memang Pemkot mengadakan acara lain di Lapangan Simpang Lima untuk menambah kemeriahan ulang tahun. Ada banyak booth di sana dan panggung utama yang dipakai juga malamnnya saat peserta SNC tiba.

Namun entah kenapa kesan tersebut seolah biasa. Acara di Simpang Lima mungkin banyak dikunjungi masyarakat, termasuk para undangan dari luar kota.

Gambar di halaman ini kami ambil hari Minggu paginya, 5 Mei 2024, saat sedang ber-CFD ria di Simpang Lima Semarang. Terlihat panggung dan booth di lapangannya.

...

Gelaran Semarang Night Carnival 2024 telah selesai digelar. Agenda kota ini memang selalu dihadirkan tiap Ulang Tahun Kota Semarang. Tentu, tidak sekedar sebagai hiburan semata. Tapi juga menarik perhatian kunjungan wisatawan.

Biasanya acara SNC akan mengundang banyak perwakilan dari kota-kota lain untuk turut memeriahkan. Aktivitas ini akan berdampak pada banyaknya pemesanan kamar hotel dan kunjungan lain ke tempat-tempat menarik di Kota Semarang.

Sampai jumpa tahun depan, semoga kami bisa kembali menyaksikan secara langsung.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?