Ketika Link Blog Dibatasi Oleh YouTube Saat Bagiin Artikel di Komunitas

Pernah ngalamin? Kami baru beberapa hari kemarin saat postingan ini kami terbitkan. Tapi akun YouTube-nya bukan dotsemarang, melainkan Kofindo. Sempat kaget juga, untunglah akhirnya beres setelah menyelesaikan permintaan mereka.

Ini adalah pengalaman pertama kalinya mengalami masalah begini. Padahal beberapa akun YouTube lain yang dikelola tidak masalah. Entah apa alasannya. Itu membuat kami sangat khawatir jadinya.

Verifikasi data

Seperti gambar di bawah ini, akses kami dibatasi dan untuk melanjutkan kami harus memverifikasi data kami sebagai individu yang merupakan pemilik akun resminya.

Tujuannya bisa dilihat juga dalam gambar. YouTube ingin membatasi spammer dan menjaga keamanan komunitas bagi semua orang. Kami sepertinya terdeteksi sebagai akun yang sering bagiin link eksternal, apalagi menggunakan platform bitly sebagai alat pemendek url.

Tidak butuh lama saat pilihan itu ditawarkan, kami diberi 3 pilihan untuk verifikasi data. Kami memilih nomor 2, yaitu menggunakan tanda pengenal yang valid. Tanda pengenal tersebut bisa berupa KTP atau bisa juga SIM.

Pilihan nomor 2 juga kami pilih karena kami tidak ingin ribet di masa depan lagi. Kan nggak seru tiba-tiba diminta lagi dibatasi lagi.

Pedoman komunitas dan kebijakan YouTube

Saat kami telusuri masalah ini, sebenarnya sudah dari tahun 2022 ada kebijakan soal link eksternal yang sudah diberitahukan YouTube di halaman Pusat Bantuan milik Google.

Selama periode tersebut kami baik-baik saja dengan aktivitas membagikan postingan blog lewat akun YouTube dotsemarang maupun akun pribadi.

Namun baru kali ini terdampak saat menggunakan akun milik Kofindo yang fokus pada konten film Indonesia.

Jika ingin lebih tahu banyak tentang kebijakan link eksternal YouTube, kamu bisa buka halaman resminya di sini. Semua dijabarkan apa saja larangan dan alasan pihak YouTube melakukan kebijakan tersebut. 

...

Usai verifikasi data, kami sudah bisa membagikan postingan blog seperti biasa di tab komunitas YouTube. Ada-ada saja pengalaman seperti ini yang baru kami temui. Semoga kamu tidak mengalami hal yang sama seperti kami.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?