Menjajal YouTube Create, Aplikai Editor Video Seluler dari YouTube

Kamis kemarin (21/9), YouTube mengenalkan aplikasi terbarunya yang diperuntukkan pengguna seluler dengan harapan dapat meningkatkan level editing video mereka. Buat kami ini semacam kejutan karena tidak pernah berpikir ke arah sana. Langkah yang menarik untuk mengikuti jejak kompetitior.

Aplikasi YouTube Create sudah tersedia di Play Store dengan ukuran 50 Mb lebih. Saat ini, aplikasinya masih tahap beta. Itu artinya belum final dan akan terus disempurnakan.

Kesan pertama

Awal mengunduhnya, kami sangat bersemangat. Namun mendadak kehilangan rasa usai melihat sendiri bagaimana alat editornya di sana. Ya, itu terlalu sederhana. Dengan ukuran yang setengah 100 Mb, rasanya terlalu boros.

Bahkan dengan aplikasi editor sederhana semacam inShoot yang kami gunakan, YouTube Create masih kurang memuaskan kami. Namun karena versi beta, kami akan tetap menyimpannya di daftar aplikasi smartphone kami.

Langsung unggah ke YouTube

Salah satu kelebihan yang mungkin bisa dibanggakan saat pertama kami mencobanya adalah aplikasi ini langsung terhubung ke aplikasi utamanya, YouTube. Mirip dengan kompetitor.

Tentu ini memudahkan kami yang tidak perlu repot usai mengedit video dari mentah hingga jadi. Cukup praktis jika hanya membuat video sederhana di Shorts.

Alat editor

Kesan pertama yang sekilas melihat kesederhanaan aplikasinya, membuat kami ingin mencobanya langsung. Yang harus diperhatikan saat pertama kali usai menginstall aplikasi adalah kamu harus login dengan akun yang dipakai ke YouTube. 


Kami memulai projek pertama kami dengan video ukuran kurang dari 15 detik. Pertama klik tanda plus, maka galeri perpustakaan file foto dan video kita akan muncul. Setelah memilih video, lalu klik impor.

Ternyata aplikasi membutuhkan waktu untuk menaruhnya di alat editornya dari galeri. Untunglah, itu tidak memerlukan koneksi internet untuk mengambilnya.

Tak banyak hal yang bisa kami beritahukan jika kamu sudah terbiasa dengan editor video semacam ini. Alat-alatnya sederhana dan tidak perlu tutorial untuk mencobanya.

Untuk mengubah ukuran bentuk video atau rasio aspek di YouTube Create, kita pilih 3 titik di kanan atas videonya. Di sana bisa diatur apakah videonya dibuat untuk Short (vertikal) atau biasa (horizontal). Hanya ada 3 ukuran saja di sana. Oh ya, satunya ukuran kotak.

Usai mengedit, bagaimana cara kita menyimpan videonya? Kembali ke titik tiga di kanan pojok atas, pilih ekspor di sana. Sementara ini hanya ada 2 pilihan kualitas ukuran video, yaitu 720 dan 1080. Untuk kami, biasanya memilih 720 karena demi menghemat paket data internet.

Lalu, setelah dipilih 720 akan ada pilihan lagi, apakah ingin langsung di upload ke Youtube atau bagikan (ke aplikasi lain). Bila sementara tidak ingin memilih, tinggal keluar saja dengan mengklik tombol close di sana. Videonya tersimpan?

Tentu saja, silahkan cek galeri dan buka folder download. Selain video tersimpan di sana, ada juga gambar yang ikut tersimpan. Entah kenapa ada gambar yang ikut tersimpan dan ukurannya juga besar (sebuah cover video?).

Fitur menarik dari YouTube Create

Meski alat editornya sederhana, Youtube Create punya beberapa fitur yang sangat menarik atau bahasanya keunggulan dari aplikasi sejenisnya. Informasi ini kami ambil dari halaman resmi YouTube (support.google.com).
  • Pembersihan audio: Hapus kebisingan latar belakang yang tidak diinginkan dengan mengetuk tombol sehingga suara Anda bersinar. 
  • Teks otomatis: Secara otomatis menambahkan teks ke video Anda dalam bahasa Inggris, Hindi, dan Spanyol. Lebih banyak bahasa lagi yang akan datang! 
  • Filter/efek/transisi: Tambahkan filter, efek, dan transisi dengan mudah untuk membuat video Anda menonjol.
  • Musik bebas royalti : Dapatkan akses ke ribuan lagu dan efek suara bebas royalti—semuanya dalam YouTube Create. Trek musik dan efek suara ini dilindungi hak cipta dan dapat digunakan secara bebas dalam video yang Anda monetisasi.
  • Publikasikan langsung ke YouTube: Buat dan publikasikan video Shorts dan video berdurasi panjang dengan lancar langsung ke saluran YouTube Anda hanya dengan mengetuk satu tombol. 
...

Ini masih permulaan ditulis di sana. Tentu, bakal ada banyak fitur tambahan lagi seiring waktu berjalan. Kami tidak sabar menanti aplikasi YouTube Create ini dilepas tanpa embel-embel versi beta. Bagaimana denganmu? Sudah mencobanya?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?