Favorit
Libur Lebaran 2023, Trafik Data XL Axiata Naik 37%
- Get link
- X
- Other Apps
XL Axiata mengirimkan kabar terbarunya bertepatan dengan Hari Jadi Kota Semarang kemarin tanggal 2 Mei. Dalam rilis yang kami terima, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April – 27 April 2023.
Dalam keterangannya (rilis), Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan
“Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini. Persiapan khusus sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyediakan layanan terbaik di libur Lebaran ini. Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan.”
Naik 37%
Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37% dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan sekitar 17% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.
Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur seperti tahun-tahun sebelumya sebelum pandemi.
Penggunaan data paling tinggi
Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.
Penggunaan data paling tinggi selama periode Libur Lebaran dipegang oleh aplikasi :
- 36% - File access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access)
- 33% - Instan Messaging
- 11% - Games
- 10% - Streaming yang mencapai, serta
- 9% - Layanan lainnya.
- 36% - Netflix
- 22% - Disney Hotstar
- 12% - TikTok
- 5% - YouTube naik 5%.
- 43% - WhatsApp
- 55% - Instagram
- 15% - Twitter
- 4% - Meta (Facebook)
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama libur Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di
- 27% - Jawa Tengah
- 19% - Jawa Barat 1
- 17% Jawa Timur
- 12% - Sumatera Utara
- 15% - Sumatera Selatan
- 10% - Kalimantan
- 6% - Sulawesi
- 10% - Bali-NTB-NTT
- 62% - Kabupaten Kebumen Jawa Tengah
- 49% - Kabupaten Pandeglang Jawa Barat
- 48% - Kabupaten Pemalang Jawa Tengah
“Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan selama libur lebaran terlihat turun sebesar 6% dibanding hari biasa. Data-data trafik di Jabodetabek tersebut juga sesuai dengan data perpindahan pelanggan selama periode libur Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke propinsi lain, yaitu sekitar 35%,” ujar Gede.
Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia.
Dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.
📝 Rilis
Artikel terkait :
- Mudik 2023: XL Axiata Fasilitasi Mitra Penjualan dan Karyawan Pulang Kampung
- Bulan Puasa, XL Axiata Gelar 2 Program Peduli Masyarakat
- Jelang Mudik dan Libur Lebaran, XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di DIY dan Jateng
- Diprediksi Naik, XL Axiata Menyiapkan Kapasitas Jaringan yang Lebih Besar Selama Imlek dan Cap Go Meh
- Lainnya
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment