[IGTV] Tari Warak Dugder


Tarian asli Semarang ini merupakan hasil modifikasi dari Tari Gambang Semarang yang dipadupadankan dengan ikon yang dikenal dengan warak Ngendok. Videonya sudah ada di Instagram dotsemarang.

Tak banyak kesenian Semarang yang kami bawa ke blog dotsemarang, ada pun terkadang hanya ikut menyaksikan. Lupa merekam. Padahal dari sisi konten, itu sangat baik. Sekaligus mempromosikan Semarang dari sisi kesenian.

Tahun 2019

Tarian ini dipentaskan saat acara 'Seminar dan Dialog Nasional' yang diselenggarakan HIMPUNI bulan Maret 2019 di PO Hotel. Kami hadir saat itu karena tema dan materinya menarik sekali.

Mengenal Tari Warak Dugder


Mengambil referensi dari blog infoidnaf.blogspot.com (April 2017), tarian ini bisa dikatakan perpaduan antara tari tradisional dengan tari kreasi baru. Didik Nini Towok dan Yoyok Bambang Priyambodo adalah seniman dibalik lahirnya tarian kolaborasi ini.

Disebutkan dalam blog, jumlah penarinya biasanya berjumlah 8 atau 12 orang dengan perbandingan pria dan wanita yang sama. Tarian ini ditarikan secara berpasangan karena ada bagian adegan para remaja yang memadu kasih. 

Tari Warak Dugder sendiri merupakan tarian yang digunakan untuk mengiringi patung warak dengan sekelompok gadis yang berpakaian encim putih biru.

Dari tarian ini kita dapat melihat akulturasi budaya yang indah dari Kota Semarang. Terutama latar belakang tarian yang membawa unsur budaya Islam, Jawa, dan Tiongkok yang melebur menjadi satu.

Edisi ke-6 serial Kesenian di Instagram TV

Video dengan Tari Warak Dugder ini merupakan video keenam yang diunggah ke saluran Instagram TV kategori  kesenian. Dalam serial khusus ini memang berisi tentang tarian. Bukan hanya Semarang saja, tapi ada beberapa dari kota lain.
  • Tari Topeng Ayu
  • Tari Kridaning Wanita
  • Milenial Dance
  • Koleksi Wayang Potehi
  • Tari Soreng
Jangan lupa ikuti Instagram kami dengan nama @dotsemarang. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?