Akhirnya Gunakan Aplikasi Parkee Juga

Sepertinya semua mal di Semarang sudah gunakan pembayaran non tunai untuk parkir. Tapi entahlah, semenjak pandemi, kami jarang sekali ke mal. Namun baru-baru ini, kami punya kondisi untuk pergi ke mal. Dan akhirnya gunakan juga aplikasi bernama Parkee yang didominasi warna merah. 

Hari ini kami pergi ke mal dengan kendaraan. Kami lupa, padahal sudah menulis pembayaran non tunai sejak bulan Februari kemarin, kalau mal sekarang sudah tidak menerima pembayaan tunai. Ada banyak pilihan sebenarnya, seperti kartu e-money dan sejenisnya. Tapi kami lupa di mana kartu tersebut.

Install Parkee

Kami sudah berada di depan pintu masuk mal Citra, mau tidak mau harus masuk karena kendaraan lain sudah menganti di belakang. Sempat kebingungan karena mesin parkir meminta untuk meng-tap seperti saat melakukan pembayaran di tol. Kami tidak punya kartu, bagaimana kami mau nge-tap?

Ternyata ada tombol di sana yang bila dipencet, maka akan keluar kertas parkir. Dan setelah kami pencet, akhirnya pintu terbuka juga. Syukurlah, kami tidak enak dengan pengunjung lain yang menunggu dari tadi.

Setelah beres urusan parkir kendaraan, kami sempat bertanya pada petugas tentang apakah ada jual kartu e-money di mal? Haha.. ada-ada saja.

Mau tidak mau, akhirnya menginstall aplikasi Parkee yang ukuran filenya 19 MB. Tidak begitu besar untuk ukuran ponsel kami. Beberapa saat kemudian, sudah terinstal. Tinggal mengisi data pengguna.

Cukup mudah mengisinya dan tidak ribet. Namun kebingungan selanjutnya adalah bagaimana mengisi saldonya agar nanti bisa membayar parkir, mengingat parkir di mal 1 jam pertama adalah 5 ribu dan kelipatannya kurang lebih sama setiap 1 jamnya.

Cara bayar parkir dengan aplikasi parkee

Setelah utak-atik, akhirnya aplikasi parkee kami bisa digunakan. Pembayaran ternyata bisa diubah dengan banyaknya pilihan. Diantara penyedia layanan uang elektronik seperti Dana, LinkAja, OVO dan Gopay, kami memilih gopay sebagai metode pembayaran.

Itu artinya di dalam aplikasi parkee, saldo yang terlihat adalah saldo dari gopay. Kita dapat mengubah sewaktu-waktu semisal inging mengganti metode pembayarannya dikemudian hari.

Setelah urusan selesai, kami akhirnya menuju ke loket parkir. Kertas yang kami ambil sebelumnya kami perlihatkan ke petugas dan kami bilang akan membayar lewat aplikasi Parkee.

Karena ini pengalaman pertama kali kami, kami minta arahan petugas. Ternyata kertas parkir tadi harus dipindai atau scan dengan fitur yang ada di aplikasi parkee. Tinggal pencet tombol scan/pindai yang berada di tengah-tengah.

Lalu, aplikasi akan membaca kertas tersebut dan beres deh. Kami pikir akan selesai sampai di sini, petugas tetap meminta kertas yang kami pegang ternyata.

...

Ternyata selain mal, beberapa hotel juga sudah menerapkan layanan parkir non tunai. Termasuk toko buku juga. Apakah aplikasi ini sebatas untuk parkir saja, atau untuk lainnya di masa depan? 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?