Apa yang Perlu Diketahui dari Gerakan Nasional Non Tunai?


Bila kamu termasuk orang yang mengikuti perkembangan teknologi, kamu harus tahu yang namanya Gerakan Nasional Non Tunai atau GNTT.  Tahun 2017, jangan sampai kamu baru menyadari kalau teman atau pasangan kamu sudah jarang membayar tunai saat bertransaksi. Tertarik?

Tentang GNTT sendiri sebenarnya sudah dicanangkan oleh Bank Indonesia pada 14 Agustus 2014. Namun informasinya bisa didapatkan secara langsung awal desember kemarin, acara BI Goes to Campus yang mampir ke Semarang. Liputannya bisa dilihat di sini.

Gerakan Nasional Non Tunai adalah

Upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia selaku otoritas Sistem Pembayaran yang punya tujuan agar masyarakat Indonesia lebih sadar terhadap penggunaan sistem transaksi non tunai. Nantinya, semua transaksi akan dilakukan melalui digital, terutama mobile.

GNTT bisa jadi jawaban atas perkembangan teknologi yang kian hari kian berkembang. Yang dampaknya menyasar semua bidang industri, seperti sistem pembayaran.


Gambar ini merupakan slide yang diambil pada saat acara BI Goes to Campus Semarang. Pengaruh IT bisa digambarkan seperti di atas, termasuk penetrasi Internet berikut ini


Diprediksi tahun 2020, pertumbuhan Internet di Indonesia terbesar di dunia. Oleh karena itu, penting sekali GNTT disosialisasikan dari sekarang. Sasarannya tentu generasi muda berusia 18-25 tahun yang sudah mencapai 49% sudah menggunakan Internet. 

4 Manfaat transaksi non tunai

Beberapa manfaat non tunai berikut ini diambil dari situs gnnt.netcj.co.id :
  1. Kepraktisan bertransaksi dan keamanan dalam membawa instrumen non tunai dibandingkan dengan uang tunai.
  2. Efisiensi biaya antara biaya produksi instrument nontunai dengan biaya pencetakan, peredaran serta pengelolaan uang tunai tunai.
  3. Pencatatan transaksi secara otomatis sehingga memudahkan dalam menghitung aktivitas ekonomi. Hal tersebut tentu dapat mencegah underground economy yang umumnya dilakukan dalam bentuk tunai.
  4. Penggunaan alat pembayaran non tunai juga akan meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian (velocity of money). 
Model-model transaksi non tunai

Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang menggunakan model transaksi non tunai yang ada di smartphone kalian. Seperti berikut ini :


Diantara model variasi di atas, paling menarik adalah kolaborasi Mandiri ECash dengan Line yang menghasilkan Line Pay. Atau juga GOPAY dari Gojek, dan sebagainya.

Penyedia layanan pun semakin beragam, seperti saya sebut di atas. Lalu, perbankan dan Operator serta Startup-starup yang sedang berkembang saat ini terus menarik perhatian masyarakat.

Semua model produk pembayaran di atas sudah berbentuk aplikasi yang sangat mudah di unduh. Pembahasan ini, nanti akan saya buat sendiri. Terutama tentang jasa layanan keuangan digital dan beragam aplikasinya.

Mempengaruhi E-commerce

Hadirnya nama-nama seperti Bukalapak, OXL, Tokopedia dan masih banyak lagi membuat gaya hidup masyarakat semakin hari semakin malas dalam artian belanja tanpa harus pergi ke toko. Ini karena, kita dapat memilih barang yang diperlukan hanya dari kamar tidur dengan bermodal Smartphone.

Tidak dapat dipungkiri, perkembangan e-commerce telah menjadi salah satu faktor utama pertumbuhan ekonomi. Sebagai bentuk inovasi pengembangan teknologi pada sistem pembayaran, e-commerce memegang peranan penting dalam memberikan platform baru kepada pelaku bisnis serta menyediakan pilihan segar bertransaksi non tunai kepada mayarakat. 

Sistem e-commerce akan memberikan nilai baru dalam proses pembangunan ekosistem sistem pembayaran non tunai yang sehat dan progresif. 

...

Beberapa tahun ke depan, kita bakalan lebih sering memanfaatkan Smartphone untuk bertransaksi. Isi dompet yang biasanya tebal bakalan lebih longgar dan bisa kosong sama sekali. Beli makan, pakai transportasi, nonton, belanja dan sebagainya terasa lebih mudah.

Untuk itu, kamu yang termasuk generasi muda sudah harus update perkembangan ini dari sekarang. Kasih tahu orang tua atau keluarga lain. Karena kalian lah yang bakalan menjadi duta informasi mereka.

Sekarang kamu nggak malu lagi kan saat pergi hangout bareng teman-teman atau pasangan. Tinggal pertanyaannya sudah diisi saldo (top up) rekening ponselnya, kan?

Sumber referensi utama klik di sini.

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?