Dikenalkan Sejak Tahun 2010 di Semarang, Seperti Apa Catur Gajah ?


Salah satu hal menarik bila kamu berkunjung ke Pasar Imlek Semawis adalah Catur Gajah. Stannya tidak begitu besar atau mewah, namun cukup untuk 4 orang bermain saling hadap-hadapan. Sudah tahu tentang permainan yang berasal dari Tionghoa ini?

Sering hadir di agenda tahunan kawasan Pecinan Semarang, kami baru sadar jika belum pernah membawa catur gajah atau yang disebut Xiang Qi ini di blog dotsemarang. Entah, kemana saja kami pergi saat di acara.

Acara Pasar Imlek Semawis kemarin tentu tak kami sia-siakan untuk melihat dari dekat. Saat ditawarkan untuk bermain, kami langsung gugup dan menolaknya secara halus. Maklum, masih orang awam dan pasti itu sulit.

Namun kami terus diyakinkan oleh salah satu orang (wanita) yang duduk di sana, dengan suasana ramai, beliau berkata "jika mengerti bermain catur yang biasa, hitam putih, pasti bisa bermain catur gajah. Beberapa hari untuk lebih memahami."

Bukan sekedar olahraga

Kami tak begitu lama di sana dan sekedar memperhatikan. Bagi masyarakat Tionghoa, catur gajah bukan sekedar olahraga saja. Melainkan budaya yang sudah turun temurun dan telah berusia lebih dari 3 ribu tahun.

Dan juga memiliki makna cerita antara 2 kerajaan yaitu, Chu dan Han yang berperang. Bila kamu memenangkan permainan tersebut, berarti kamu menjatuhkan raja lawan.

Di Semarang sejak tahun 2010

Selalu hadir di acara Pasar Imlek Semawis, Catur Gajah ternyata sudah dikenalkan di Semarang sejak tahun 2010, mengutip situs Suara Merdeka yang sudah terbit bulan Maret 2019.

Bahkan di Jawa Tengah sendiri, melihat spanduk, permainan yang menjadi olahraga ini memiliki kepengurusan, yakni Persatuan Xiangqi Indonesia (XIQI) Pengprov Jawa Tengah. Pengurus XIQI, sebagian besar berasal dari mantan pengurus Percasi. 

”Bila telah terbiasa bermain catur, belajar Catur Gajah paling hanya butuh dua hari saja untuk bisa memainkannya. XIQI Jateng saat ini punya sepuluh atlet dengan usia bervariatif. Mulai dari usia 10 tahun hingga 80 tahun.” Lina Listiani, salah satu tokoh Catur Gajah Semarang. 

Cara memainkan


Sayangnya kesempatan diajak bermain waktu itu kami tolak, karena gugup, pengalaman menulis cara memainkan catur gajah tidak kami miliki.

Masih mengutip dari situs suaramerdeka.com, bila papan catur biasa yang kami mainkan berbentuk kotak hitam dan putih, catur gajah ini berbeda. Papan hanya tergambar garis-garis sebagai penanda jalur berjalan. Kunci permainan ini terletak pada bidak Pao.

Bidak Pao ini kerap digunakan untuk menyerang lawan-lawannya sekaligus bertahan. Termasuk mematikan bidak raja. Kalau dipermainan catur biasa, bidak Pao ini langkahnya menyerong. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?