Cara Masjid Agung Jawa Tengah Manfaatkan Youtube Selama Bulan Puasa Saat Pandemi Corona


Tahun ini, kami tidak ada agenda buka puasa bersama seperti tahun lalu di Masjid Agung Jawa Tengah. Namun bukan berarti kami tidak memiliki artikel puasa dari sini. Lewat saluran kanal Youtube, MAJT tetap aktif menyiarkan kegiatan kajian. 

Pandemi corona benar-benar mengubah keadaan. Anjuran di rumah saja menjadi solusi untuk mencegah penyebaran koronavirus semakin merajalela. Semua orang dipaksa putar haluan dan menemukan cara agar terus dengan kegiatan yang biasa dilakukan.

Youtube Masjid Agung Jawa Tengah

Kami baru tahu jika pengurus Masjid Agung Jawa Tengah telah membuat kanal di Youtube. Menggunakan nama kanal MAJT TV, Youtube Masjid Agung Jawa Tengah dalam info yang tertera di lamannya sudah bergabung sejak bulan Juni 2017. Hingga tulisan ini kami buat, jumlah pengikutnya mencapai 1,42 ribu subscriber dan ada 900 lebih video yang diunggah

Live kajian online 

Lihat postingan ini di Instagram

[KAJIAN SPESIAL RAMADAN] Edisi Senin, 11 Ramadhan 1441H 04 Mei 2020 Live Kajian Online MAJT Spesial Setiap hari selama Ramadhan: 1. Kajian Bakda Dzuhur (12.30-13.30) 2. Kajian Interaktif "Radio On TV" (15.30-16.30) 3. Kajian Menjelang Buka Puasa (16.30-17.30) Disiarkan langsung melalui Channe MAJTTV dan Radio DAIS 107.9 FM. Siaran juga dapat disaksikan melalui kanal TVKU Semarang Channel 49 UHF atau melalui TV Digital dengan Set Top Box DVB-T2 menggunakan antena UHF biasa/digital. Dengarkan juga melalui streaming Radio DAIS 107.9 FM “Terdepan dalam Dakwah dan Nada” Streaming : www.dais1079fm.com Telpon : 024- 6746352 Whatsapp / SMS : 082133670000 Mari berdonasi peduli sesama dengan Infaq ke Bank BRI KCP Gajah Nomor Rekening : 209601000228560 a.n. Masjid Agung Jawa Tengah #1441H #Ramadhan #Ramadhan1441H #Puasa #PuasaRamadhan #RamadhanKarim #RamadhanKareem #RamadhanMAJT #MAJTMendunia #MAJTRumahUmat #MasjidAgungJawaTengah #RamadhanDirumahSaja #TetapNgajiDirumahSaja

Sebuah kiriman dibagikan oleh Masjid Agung Jawa Tengah (@majt_jateng) pada


Diumumkan sebelum puasa tiba, lewat Instagram-nya (majt_jateng), Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT mengeluarkan maklumat yang berhubungan dengan koronavirus dan puasa. Salah satu isinya tentang kajian yang tetap dilaksanakan secara langsung lewat siaran radio DAIS 107,9 Youtube MAJTTV dan disiarkan ulang melalui TV.

Masyarakat bukan saja terus mendapatkan informasi soal kajian pada waktu dzuhur maupun sebelum magrib, tapi tetap aman selama pandemi corona. Dan temanya selalu diganti setiap hari.

Saat kami menyaksikan sendiri bagaimana siaran langsung dilakukan, pengurus MAJT melakukannya layaknya profesional yang ada di televisi.


Dan yang menarik, semua video siaran langsung disimpan di kanal Youtube yang sewaktu-waktu dapat ditonton maupun diputar kembali.

Radio On TV

Selain menyiarkan langsung kajian, MAJT juga memiliki konten yang bernama 'Radio on TV'. Kami jadi ingat dengan tren saat ini tentang podcast. Suasana yang terekam kamera pun seperti demikian.


...

Kami senang melihat cara yang dilakukan Masjid Agung Jawa Tengah, meski mungkin hanya kami saja yang baru mengetahui, memanfaatkan teknologi dalam siar keagamaan selama bulan puasa tahun ini.

Bagaimana setelah puasa nanti? Kami berpikir bagaimana jika kanal Youtube MAJTTV lebih banyak memasukkan generasi milenial hingga generasi Z sebagai bagian dari pembangunan konten digital.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?