Internet Operator: Unlimited yang Limited


Embel-embel unlimited yang disematkan salah satu operator telekomunikasi yang kami gunakan kesan awalnya sangat baik. Kami seolah melupakan kenyamanan yang biasanya memfasilitasi kebutuhan kami berselancar di dunia maya dari Wifi rumah. Kini kami menyesal. Tidak ada yang gratis di dunia ini.

Untuk dipahami dulu, kami hanya menulis halaman ini berdasarkan pengalaman menggunakan 3 operator. Itu berarti, tidak semua apa yang kami informasikan di sini mewakili keseluruhan para penyedia internet dari operator.

Unlimited

Salah satu operator yang menerapkan paket unlimited adalah Tri. Awalnya saat hadir, paket ini kami pikir benar-benar tanpa batasan dengan durasi waktu mulai dari jam 1 dini hari hingga jam 5 sore.

Ternyata setelah menggunakannya beberapa bulan, ada batas yang harus dipenuhi penggunanya. Bila melewati, maka kecepatan internet akan diturunkan. Menariknya meski diturunkan, kecepatannya masih di atas rata-rata. Hanya saja untuk aktivitas upload atau download sedikit susah.

Pindah ke operator yang fokus pada branding 4G, Smartfren menawarkan paket yang kurang lebih sama. Embel-embelnya sama, paket unlimited. Tawaran yang diberikan pun lebih murah dari Tri untuk paket hematnya.

Bila Tri memberi batas pengguna 1GB untuk semua paket unlimited-nya, sedangkan Smartfren untuk paket ekonomis unlimited-nya memberi batas 500MB. Dan juga, mengurangi durasi pemakaian yang biasanya 1 bulan (30 hari) menjadi 28 hari.

Terakhir ada IM3 Ooredoo yang kini sudah berganti dari unlimited menjadi paket Freedom U. Skemanya sangat berbeda dari 2 operator sebelumnya. Tidak ada batas harian, tapi langsung memberikan total kuota sesuai paket yang dipilih. Ada 38GB, 10GB+Kuota Aplikasi 25GB, dan lainnya.

Tanpa batas harian, operator kuning ini lebih menguntungkan bagi pengguna yang tidak ingin dibatasi. Asal membeli paket yang bukan kategori ekonomis. 

Sayangnya ketika kuota paket habis, pembatasan kecepatan berlaku seperti 2 operator di atas. Hanya memberi kecepatan 64Kbps, kami pikir ini sangat sulit untuk mengakses. Mau tidak mau, mencoba menggunakan paket lainnya.

Limited

Pada kenyataannya dari 3 operator yang pernah kami coba dengan membawa embel-embel Unlimited, tetap saja terbatas alias LIMITED. Setelah batas yang ditentukan dari setiap operator, pengguna akan dibuat pusing karena kecepatan akses yang diturunkan. Tri unggul untuk kecepatan setelah melampaui batas kuota.

Di tengah pandemi Korona saat ini, kebutuhan internet memang mutlak diperlukan. Terutama mereka para pekerja yang mengandalkan koneksi internet yang bekerja saat di rumah.

Akan tetapi, internet yang mengandalkan operator tidaklah benar-benar dapat memberi kebebasan. Selalu ada batasan yang ditawarkan. Bila kamu tidak seksama membaca ketentuannya, jangan heran kepuasan yang kamu rasakan di awal mendaftar paket hanya menunggu waktu saja.

Membayar lebih

Untuk mendapatkan kepuasan menggunakan internet lewat operator telekomunikasi, mau tidak mau cara paling mudah adalah membayar lebih. Maksud kami membeli paket internet dengan harga ekslusif. Paling mahal ada yang 1 juta dengan masa pemakaian 1 tahun.

Atau, dengan berlangganan jasa penyedia internet semacam Indihome atau Biznet. Bila itu kita memang memiliki kemampuan dari segi ekonomi. Menghancurkan keterbatasan atau batas penggunaan adalah cara melangkah lebih jauh.

Bagaimana pendapatmu? Apakah internet dari operatormu memberi kebebasan tanpa batasan? Ceritakan kepada kami.

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?