Beralih Akun Bisnis TikTok, Halaman Profil Bisa Disematkan Alamat Website/Blog


Pertengahan tahun 2019, TikTok mengenalkan fitur Pro yang bertujuan dapat memberikan statistik konten-konten yang dibuat. Dan bulan Mei ini, fitur akun bisnis diperkenalkan. Sebagian mungkin sudah merasakan. Bagaimana denganmu?

Tanggal 21 Mei 2020, akun TikTok yang kami kelola mendapatkan notifikasi bahwa akun Pro dotsemarang diubah menjadi akun Kreator (pembuat konten). Tidak ada perubahan berarti sebenarnya.

Saat kami beralih menjadi akun Pro, kami memiliki pengukuran terhadap konten yang kami buat. Tentang akun Pro dan kelebihannya bisa kamu lihat di sini (pernah kami ulas).

Akun Bisnis TikTok

Kami tentu penasaran, mengapa diubah menjadi akun kreator. Padahal awal mendaftar, kami memilih kategori 'PERSONAL BLOG' saat itu. Apa bedanya antara akun kreator dan akun bisnis ?


Kami langsung mencobanya dan tidak ragu, toh nanti, bila tidak sesuai kami akan kembali ke akun kreator. Meski ada pilihan akun pribadi, akun TikTok dotsemarang tidak ingin kami ubah ke sana.

Cara berpindah ke akun bisnis adalah lewat halaman pengaturan dan buka kelola akun saya. Perhatikan yang paling bawah dan pindah ke akun bisnis.

Ternyata kami disuruh memilih kategori lagi, sama persis seperti akun pro atau kreator. Ada 23 pilihan, dan kami memilih sebagai 'MEDIA'.  Berikut pilihannya;
  1. Seni
  2. Kecantikan
  3. Merek
  4. Pendidikan
  5. Elektronik
  6. Hiburan
  7. Fashion
  8. Keuangan
  9. Makanan/Minuman
  10. Bermain game
  11. Pemerintah/Politik
  12. Internet
  13. Gaya hidup
  14. Media
  15. Medis/Kesehatan
  16. Musik/Tarian
  17. LSM
  18. Layanan Profesional
  19. Figur Publik
  20. Restoran
  21. Berbelanja/Ritel
  22. Olahraga/Kebugaran
  23. Perjalanan
  24. Lainnya
Setelah selesai memilih, kami mendapatkan notifikasi 'Selamat datang di Akun Bisnis' seperti gambar di bawah. Penasaran, kami langsung mengklik 'Edit Profil'.


Di halaman edit profil, seperti gambar bawah, kami bisa menambahkan SITUS WEB dan EMAIL. Pilihan lainnya, karena sudah dibuat sebelumnya, tidak ada yang kami ubah. Dan taraaa...


Halaman profil TikTok kami sudah tersedia alamat blog dotsemarang.blogspot.com dan email yang ada di bawah alamat. Bagi kami, pemilik blog, ini sangat penting untuk mempromosikan alamat blog kami agar lebih dikenal dan diketahui. 


Hal seperti ini, termasuk para pemilik bisnis dan lainnya (kategori lainnya), merupakan bagian dari strategi pemasaran yang bisa dilakukan dengan TikTok. 

Halaman statistik masih tersedia

Ketika kamu memilih akun pribadi, kamu tidak akan menemukan halaman statistik. Namun ketika kamu memilih akun kreator atau bisnis, halaman statistik tersedia. Fungsinya, agar kamu menaruh perhatian pada konten yang banyak dikasih like/love atau jumlah penayangan (view).

Di akun bisnis TikTok, halaman statistik juga masih tersedia. Tidak ada perubahan berarti hingga tulisan ini kami buat. 

Bonus : Dengan akun bisnis, kamu bisa mengubah foto profilmu menjadi video profil. Seperti video profil di facebook. Usahakan sebelum menutup pengaturan profil bisnis, jika tertarik mengganti video profil, maka lakukan. Karena setelah selesai, kamu akan mengulanginya dari awal.


...

Awal-awal kami mengganti akun pribadi menjadi akun Pro, kami tidak bisa menyematkan alamat blog di halaman profil. Kini, kami dapat memperlihatkannya.

Ini sangat berguna, terutama para pemilik blog dan juga pelaku bisnis. Termasuk Youtuber atau Selebgram. Hanya tinggal pilih kategori diantara 23 pilihan yang sudah kami cantumkan di atas. 

Untuk mengubah, kamu tinggal mengklik tanda titik tiga di sebelah kanan atas dan kemudian, masuk kelola akun.

Youtuber, mungkin bisa masuk kategori publik figur atau traveling bisa masuk ke kategori perjalanan. Sekarang tinggal mendapatkan bagaimana bisa centang biru.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?