[Event] Pameran Sketsa Pecinan Today 2020


Yang menarik dari pameran yang berlangsung dari tanggal 17-19 Januari ini adalah kehadiran wayang Potehi yang dimasukkan ke lokasi acara. Pameran ini sendiri merupakan bagian dari acara Pasar Imlek Semawis 2020.

Hari terakhir gelaran Pasar Imlek Semawis (PIS), Minggu (19/1), kami menyempatkan diri melihat pameran yang lokasinya di luar kawasan PIS. Tepatnya berada di gedung Rasa Dharma, Gang Pinggir, Pecinan Semarang.

Waktu itu jam sudah menunjukkan pukul 7 malam. Berbanding terbalik dengan suasana PIS yang sangat ramai, di sini hanya ada beberapa pengunjung. Sangat sedikit. Tapi itu menguntungkan buat kami yang bisa fokus melihat pameran.

Terjual


Gambar-gambar yang dipamerkan dengan konsep sketsa ini beberapa saat kami lihat, sudah ada yang terjual. Kami jadi ingat komunitas sketsa Semarang yang sering menggambar keindahan Semarang dan merupakan salah satu komunitas hobi yang masih aktif hingga sekarang.

Ya, Semarang Sketchwalk (SSW) namanya. Komunitas yang bisa ditemukan di Instagram dengan nama @semarangsketchwalk sepertinya inisiator dari kegiatan ini. Semacam kolaborasi.

Wayang Potehi


Selain menampilkan berbagai koleksi para pelukis atau sketcher, di dalam gedung yang rasanya baru pertama kalinya kami masukin ini terdapat banyak koleksi wayang Potehi.

Wayang Potehi yang ditampilkan pun bukan wayang biasa bila dilihat dari kualitas dan kemasannya. Beberapa teks yang ada di kertas ditaruh disekitar untuk memberikan informasi tentang wayang.

Lalu juga, ada koleksi buku jadul yang ditaruh di dalam kotak kaca. Melihat tahun pembuatannya itu benar-benar seperti dibawa ke jaman sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Dan semuanya berhubungan dengan Pecinan atau cerita-cerita kolosal kerajaan.



 Pertama kali melihat koleski buku-buku klasik seperti ini

Ini yang kami maksud, wayang Potehinya berbeda dan lebih ekslusif

...

Pameran ini pun berakhir sama seperti acara utamanya, Pasari Imlek Semawis 2020. Tahun depan, kira-kira bakal ada kegiatan (pameran) seperti ini lagi, nggak ya?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?