Kapan Indonesia Kembali Terbang Lepas?


Kami sedang menuju lokasi Paralayang Kemuning. Langit yang cerah, angin yang membuat rambut terhempas ke belakang dan suasana hijau yang masih asri. Keindahan alam yang membentang terlihat dari sini. Indonesiaku, kembalilah bebas dan terbang lepas seperti sebelum Koronavirus.

Apa kabar negeriku? Sungguh ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa pandemi Corona berhasil mengekang dan membuat khawatir semua negeri. Apalagi, sebentar lagi, negeri tercinta ini akan merayakan Hari Kemerdekannya yang Ke-75 tahun.

Setiap hari, kabar berita yang terlintas di media sosial jadi bagian cerita. Ada getir yang mengkhawatirkan. Ada amarah ketika orang-orang tidak peduli dengan amanah yang terus disampaikan pemerintah. Padahal sangat mudah, berdiam diri di rumah.

Saat para tenaga medis berjuang di garda terdepan, segelintir orang masih saja membuat kesal. Kami memang tidak bisa mengatur hak asasi manusia, tapi perkataan dan pernyataannya di media sosial terkadang membuat berang.

Berjuang atau bertahan

Kami akhirnya berhasil sampai lokasi, orang-orang yang biasa melakukan aksi paralayang sudah bersiap mengajak kami yang mau ikut terbang bersama mereka. Karena terbatas, kami adalah orang pertama yang keluar dari barisan pendaftar.

Mereka yang terbiasa terbang dengan parasut tentu orang berpengalaman. Jangan ragu untuk mencobanya karena sesungguhnya terbang bersama mereka adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Saat membayangkan terbang bersama, kami kembali tersadar bahwa bayangan indah negeri ini hanya bisa dilihat dari atas. Pegunungan yang hijau, pohon-pohon yang rindang, dan atap rumah yang berwarna-warni. 

Sebenarnya? Jalanan sudah sepi (pembatasan), tempat ibadah yang ditulisi ditutup sementara, tempat nongkrong yang bisa dihitung dengan jari jemari dan pusat-pusat bisnis yang mau tidak mau antara hidup dan mati.

Kami berjalan di sekitar tempat tinggal kami, mengamati orang-orang yang masih bertahan. Pengumuman untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan seakan tak berarti. Apa mau dikata, kebutuhan harus terpenuhi. Penghasilan harus tercukupi. 

Instagram dotsemarang
Bila seperti ini, mereka berada diantara berjuang atau bertahan?

Banyak sudah informasi orang-orang yang terdampak penutupan pusat bisnis maupun pengurangan gaji. Mereka yang kepalang tanggung berjuang atas nama keluarga, hanya terus berharap bantuan pemerintah dan warga. PHK oh PHK.

Apa yang bisa kita lakukan jika begini?

Pemerintah terus berupaya meski dianggap kurang mengerti kelas masyarakat yang sedang berjuang menghidupi sehari-hari. Saat ingin menjalankan aturan dari pusat, Kepala Daerah harus memutar otak agar masyarakatnya tidak terdampak.

Semarang memilih PKM atau Pembatasan Kegiatan Masyarakat bukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Ini dirasa cocok bagi warga Semarang. 

Namun tetap saja, ini masih sulit. Setiap orang memiliki alasannya masing-masing, apalagi di bulan Ramadan. Ada rindu yang harus tersampaikan, meski harus melawan aturan. Tahun ini, bukan tahun untuk mudik atau pulang kampung.


Mari kita berbicara. Duduk dan dengarkanlah tentang ini. Mari kita sembuhkan Indonesia bersama-sama yang dimulai dari mencintai diri sendiri.

Taati himbauan ketika keluar rumah yang tak begitu penting. Gunakan masker bila terpaksa. Jaga kesehatan dengan pola menu makanan sehat, tidur yang cukup dan keluarkan keringat ketika tubuh masih bersemangat. Cukup 15-30 menit untuk berolahraga.

Berpartisipasilah bersama-sama ketika ada program mencegah koronavirus di lingkungan warga. Dan tahan dirilah meski berat karena hak beribadah seakan direnggut.

Semua demi kita, masyarakat, dan Indonesia. Agar segera pulih dan kembali terbang lepas sebagai bangsa yang besar. 

Bangsa yang saling bersilaturahmi, saling mengisi, bercengkrama bersama dan saling tolong menolong. Bila bukan kita, siapa lagi yang dapat membantu Indonesia bebas COVID-19.

...

Kami akhirnya kembali ke bus yang membawa kami dari Semarang. Kemarin, mengunjungi tempat wisata rasanya sangat menyenangkan. Namun sekarang jadi tantangan. Tempat wisata benar-benar jadi salah satu paling kena dampak.

Indonesia harus kembali normal. Merayakan keberagaman dalam satu ucapan, Selamat Ulang Tahun Indonesia yang ke-75 tahun. 

Mari membuang kekhawatiran, saling mendukung satu sama lain, bertahan dengan sikap optimis dan mencintai diri sendiri agar Corona segera pergi. Apapun agamanya, mari doakan negeri ini kembali seperti sedia kala.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?