Favorit

Agenda Semarang Bulan September 2024

Image
Hujan di awal bulan Agustus kami pikir akan sudah mengubah suasana Kota Semarang lebih adem. Ternyata, hanya hujan di awal bulan saja. Mari katakan Hai pada bulan September yang jatuh pada hari Minggu di awal bulan. Acara apa yang sudah menanti? Meninggalkan bulan Agustus yang penuh sesak acara, hingga 40 lebih yang kami catat, dengan berbagai momen sungguh menyenangkan. Apakah bulan September akan ada momen serupa dan jumlahnya mampu mengungguli bulan Agustus? Kami harap begitu. Agenda Semarang Awal bulan September, hajatan rutin tiap tahun sudah menanti lewat acara Festival Kota Lama yang kali ini ada banyak perubahan yang dibawa. Beberapa acara lainnya akan menyusul seiring waktu yang kami temukan. Sambil menunggu kami mengumpulkan, kamu bisa lihat dulu agenda rutin yang ada di Kota Semarang. [25 Agustus - 2 September] - 8𝑡ℎ Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Kota Semarang. [27 Agustus - 1 September] - Sociolla Atrium Event di The Park Mall Semarang. [28 Agustus - 1

Event Cosplay di Kota Semarang

Tahun 2023 kami pernah bertemu dua orang cosplayer saat menghadiri acara YouTube di salah satu tempat nongkrong Kota Semarang. Saat itu, obrolan kami bukan saja membicarakan tentang mahalnya hobi mereka, tapi juga info acara yang minim tentang Cosplay di Kota Semarang. 

Bermodal cerita tersebut yang masih kami ingat, akhirnya kami menengok langsung acara Cosplay di Mal Tentrem awal bulan Juni kemarin (2/6). Entah kenapa kami mendadak tertarik, padahal sejak awal tahun ini, ada banyak Event Cosplay yang tercatat di daftar acara bulanan blog dotsemarang. 

Seberapa ramai

Nama acara yang berlangsung adalah Infinifest 2.0 yang berlangsung dari tanggal 1-2 Juni 2024 di atrium mal Tentrem. Untuk lebih memikat, acara tersebut menghadirkan Punipun yang wajahnya tidak asing buat kami yang pernah bertemu dengannya saat acara ASUS di Jakarta. 

Mungkin itu juga salah satu alasan akhirnya kami tergerak untuk melihat acara Cosplaya kali ini. 

Untuk orang awam 😅 seperti kami, melihat acaranya langsung tentu pengalaman yang sangat berharga. Apalagi acara ini sangat ramai. Apakah karena acaranya di mal atau konsepnya yang ditampilin menarik perhatian.

Harapan besar kami datang hanyalah untuk melihat seberapa ramai orang-orang tertarik untuk datang. Dengan diadakan di mal, dan hari Minggu, tentu mudah ketebak acara seperti ini bakal ramai.

Namun yang kami lihat di tengah keramaian tersebut adalah kumpulnya lintas generasi. Meski didominasi Gen Z, kehadiran milenial yang ikut bersorak membuat kami kaget saat acara di panggung yang menampilkan para idol.

Bagaimana dengan generasi X, generasi yang lebih tua dari milenial?  Tidak banyak, tapi mereka ada. Beberapa terlihat seakan sedang menemani anak mereka. Sebagian lagi mungkin pengunjung mal yang sekedar tertarik.

Tren Pemasaran

Kami membuka lagi daftar halaman yang berisi acara Semarang dari awal tahun hingga bulan Mei. Tiap bulan rasanya ada Event Cosplay yang kami catat. Bahkan, ada mal yang rutin menggelar tiap bulan menghadirkan para cosplayer.

Di bulan Februari malah lebih menarik lagi karena Disbudpar Kota Semarang menyelenggarakan acara Cosplay di Lawang Sewu. Apakah acara Cosplay di Kota Semarang sekarang lebih menarik perhatian?

Ini adalah sesuatu yang menarik kami perhatikan, meski sebenarnya mungkin acara Cosplay beberapa tahun silam di Kota Semarang juga sudah ramai. Hanya saja, kami baru tertarik sekarang.

Menurut kami ini adalah sebuah tren dalam pemasaran. Khususnya yang diadakan di mal-mal. Bukan saja menarik banyak pengunjung, tapi juga menarik antusias orang-orang lewat aktivitas yang diselenggarakan pihak mal.

Konsep event juga tidak kaku karena ada banyak kegiatan di dalamnya. Kehadiran komunitas sebagai penunjang juga tak boleh dilewatkan. Terutama yang berhubungan dengan tema cosplay, seperti komunitas figura atau mainan.

Dalam dunia pariwisata, tips untuk menarik perhatian selain konsisten menghadirkan beragam kegiatan adalah juga atraksi semacam event. Sepertinya kami terlalu keras memikirkan sampai ke sini.

...

Di akhir bulan Mei, Pemkot Semarang lewat Bapenda mengadakan Pelayanan Goes to Mall. Yang menarik dari acara tersebut adalah penyelenggara mengadakan mini event Cosplay Festival di dalam event-nya. Apakah ini juga termasuk pemasaran? 

Sepertinya cukup sampai di sini dulu. Tahun 2024, event Cosplay Semarang semakin mendapatkan tempat. Sebuah wadah yang mengakomodasi hobi mahal ini yang tak sekedar sebuah kesenangan bagi cosplayer-nya. 

Di Instagram, kami menemukan satu akun yang rutin membagikan event Cosplay di Kota Semarang. Bisa jadi referensi nih. Cek akunnya di alamat id @wibusemarang. 

Artikel terkait :

Comments

  1. suka nimbrung kalo ada event ginian. tapi di jakarta, kadang gabung sama event toysfair yang pake tiket HTM which is mulai terasa mahal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gitu ya. Masih beruntung di Kota Semarang. Dan baru tahu geliatnya akhir-akhir ini

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Tren Shopee Video Tahun 2024 Bergeser lagi?

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang