Favorit

Agenda Semarang Bulan September 2024

Image
Hujan di awal bulan Agustus kami pikir akan sudah mengubah suasana Kota Semarang lebih adem. Ternyata, hanya hujan di awal bulan saja. Mari katakan Hai pada bulan September yang jatuh pada hari Minggu di awal bulan. Acara apa yang sudah menanti? Meninggalkan bulan Agustus yang penuh sesak acara, hingga 40 lebih yang kami catat, dengan berbagai momen sungguh menyenangkan. Apakah bulan September akan ada momen serupa dan jumlahnya mampu mengungguli bulan Agustus? Kami harap begitu. Agenda Semarang Awal bulan September, hajatan rutin tiap tahun sudah menanti lewat acara Festival Kota Lama yang kali ini ada banyak perubahan yang dibawa. Beberapa acara lainnya akan menyusul seiring waktu yang kami temukan. Sambil menunggu kami mengumpulkan, kamu bisa lihat dulu agenda rutin yang ada di Kota Semarang. [25 Agustus - 2 September] - 8𝑡ℎ Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Kota Semarang. [27 Agustus - 1 September] - Sociolla Atrium Event di The Park Mall Semarang. [28 Agustus - 1

Branding Kauman Semarang Sebagai Kawasan Kampung Qur'an

Gambar di atas ini kami ambil tanggal 9 Februari kemarin. Sebuah gerbang besar dengan tulisan Kawasan Kauman Kampung Qur'an. Identitas baru dari Kampung Kauman yang memang masyarakatnya yang menghuni di sini sangat kental agama Islamnya. Penasaran?

Kami baru saja mengingat gambar ini yang masih tersimpan di galeri hape dan entah kenapa baru sekarang kami posting di blog. Padahal saat mengambil gambar ini, kami sudah merilis topik lain yang berada di sini juga. Saat itu kami sedang melihat lapangan Aloon-aloon Semarang yang sudah bisa diakses kembali.

Sudah dari 8 tahun lalu

Meski kerap kali membuat tulisan seputar Aloon-aloon, branding Kampung Quran di Kampung Kauman rupanya sudah dilakukan dari 8 tahun lalu. 

Saat kami telusui di google, kami menemukan halaman artikel yang membahas ini di laman liputan6.com yang dipublish tanggal 4 Februari 2016. Wah, lama sekali. 😅

Di dalam artikelnya ditulis jika Pemkot Semarang akan mem-branding Kauman menjadi Kampung Alquran yang direncanakan pada tanggal 6 Februai 2016. Dua hari setelah artikelnya dirilis.

Peresmian launchingnya ditulis juga di sana bahwa yang akan melakukan adalah Pejabat (Pj) Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto.

Alasan branding

Untuk mempertegas. Sebab, di Kauman banyak kegiatan yang melekat dengan Alquran sudah dilakukan sejak 1952 dan pusatnya dilakukan di Pondok Pesantren Radhatul Quran yang berada sekitar Kampung Kauman Semarang.

Branding Kauman menjadi Kampung Quran mengadopsi dari Kampung Inggris di Pare, Kediri. Pelaksanaannya, murid-murid akan diberi paket belajar Alquran, baik yang dari nol maupun yang tingkat lanjutan.

Sayangnya saat peresmiannya kami tidak tahu. Padahal untuk mendeklarasikan sebagai Kampung Quran, penyelenggara mengadakan kirab. Yaitu, dengan ratusan warga dan wisudawan yang berjalan dari Kauman menuju Jalan Pemuda. Lalu melewati jalan Gajahmada dan kembali ke Kauman lewat jalan Kranggan.

Jadi lebih religius

Di laman lain yang kami telusuri juga, yaitu rmoljawatengah.id yang diposting tanggal 29 oktober 2023, ditulis di sana jika kehadiran Kampung Quran di era digital membuat kagum Wali Kota yang sekarang, Mbak Ita.

Kampung Quran menjadi bukti Kota Semarang menjadi kampung religius. Apalagi kawasan Kauman sudah melakukannya dari masa lalu dan terjaga hingga sekarang.

...

Saat kami telusuri tentang Kawasan Kampung Qur'an, kami sedikit malu rasanya mengapa baru tahu ini sekarang setelah 8 tahun dikenalkan. Padahal dari tahun 2018, kami lebih banyak menerbitkan tulisan tentang Alun-alun. Fokus kami di sana, sampai-sampai teralihkan dengan cerita branding Kampung Qur'an.

Mungkin benar ungkapan yang mengatakan 'lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Halaman ini mewakili ungkapan tersebut. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Tren Shopee Video Tahun 2024 Bergeser lagi?

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang