Manfaatkan Panic Button Ambulance Hebat Apabila Mengalami Kegawatdaruratan di Kota Semarang

Meski sudah diluncurkan, fitur Panic Button yang tersedia di website ambulance hebat baru kami ketahui awal bulan Mei ini saat Dinas Kesehatan Kota Semarang mengadakan acara. Bagaimana cara mengaksesnya?

Panic button merupakan tombol darurat yang dapat digunakan saat dalam kondisi yang membutuhkan penangan cepat atau kegawat daruratan.

Panic button yang dihadirkan di dalam website Ambulance Hebat Kota Semarang melengkapi call center yang sudah ada seperti 112, 1500-132 dan 119.

Bedanya dengan call center adalah kecepatan aksesnya saja. Secara fungsi sebenarnya sama apabila ingin menghubungi layanan emergenci yang ada di Kota Semarang. Seperti ambulance hebat semisalnya.

Mengakses panic button

Masyarakat bisa langsung menuju halaman website ambulance hebat yang beralamat di sini https://ambulance-hebat.dinkes.semarangkota.go.id.

Tombolnya atau panic button tersedia di halaman utama yang bisa dilihat seperti gambar yang kami taruh di halaman ini.

Tinggal klik dan nanti akan terhubung dengan bagian call center. Konsep panic button sendiri di sini adalah menghubungkan dengan nomor WhatsApp.

Jadi apabila kita menekan tombolnya maka langsung membuka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone kita. Setelah itu, bisa menghubungi via call. Sebaiknya tidak mengirimkan pesan karena itu bakal prosesnya lama.

Kapan tersedia via aplikasi

Hingga tulisan ini kami buat, fitur Panic Button di Ambulance Hebat Kota Semarang masih sebatas website yang dapat diakses via browser. Untuk aplikasi tersendiri, masih dalam tahap pengembangan yang dikerjakan bagian IT. 

Kita harap tahun ini sudah tersedia via aplikasi. Apalagi konsep yang akan dihadirkan, bocoran dari Ibu Dokter yang memberi materi saat acara, mirip dengan aplikasi ojek online. Plus, bisa memantau keberadaan ambulance hebat (meski via website juga bisa).

Namun, apabila ada menginstall aplikasi Libas Polrestabes, fitur Panic Button ini sudah tersedia di sana. Karena kami tidak mencoba langsung aplikasi Libas, informasinya tidak banyak yang bisa kami bagikan di sini.

...

Panic button adalah satu diantara inovasi yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Penggunaannya lebih ringkas dari sisi kecepatan. 

Kekurangannya adalah Panic Button yang langsung terhubung ke aplikasi WhatsApp bakal menyulitkan masyarakat yang tidak memiliki WhatsApp di ponselnya. 

Namanya juga inovasi, selalu ada resiko. Semoga saja tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?