Lebih Dekat dengan ASUS TUF Gaming F15

Jika berencana mencari laptop gaming dengan bujet di bawah laptop ASUS ROG, kami punya referensi yang mungkin menarik diketahui. Ukuran layarnya 15,6 inci yang sudah berpanel IPS dengan resolusi  Full HD dan didukung refresh rate 144Hz, 100% sRGB warna gamut, dan NVIDIA G-Sync. Mari berkenalan.

Laptop TUF Gaming F15 terbaru ini akhirnya bisa kami pegang secara langsung. ASUS kali ini mencoba strategi baru dalam mengenalkan produk-produknya yang kali ini laptopnya yang datang ke Kota Semarang. Eh, bisa terbang? 

Desain

Tebal, kesan pertama memegangnya karena ini memang laptop buat gaming. Bobotnya sekitar 2,2 kg dengan warna Mecha Gray yang mengingatkan kami dengan robot Gundam.

Sisi kanan dan kiri seperti biasa diisi port-port penting, penunjang aktivitas. Plus, lubang saluran udara yang begitu penting buat pengguna, khususnya gamers.

Versi terbarunya, tahun 2023 ini, TUF Gaming F15 menawarkan chasis yang 4,5 persen lebih kecil dari generasi sebelumnya.

Yang menarik dari desainnya adalah bagian antara layar dan keyboard yang terdapat rongga. Mungkin itu adalah ciri khas dari TUF.

Bekerja dengan office

Tidak hanya diperuntukkan buat bermain game, disela-sela aktivitas juga dapat digunakan untuk bekerja dengan Microsoft Offcie.

TUF Gaming F15 sudah dilengkapi dengan Pre-installed Office Home dan Student 2021. Dan sistem operasinya sendiri adalah Windows 11 Home. Sangat aman untuk bekerja di sana (office).

Spesifikasi

Bicara performa, TUF Gaming F15 terbaru ini sudah didukung prosesor Intel® Generasi ke-13 dengan varian hingga Intel® Core™ i9-13900H dan dipadukan kartu grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4060. Cepat banget sudah di angka 13 si intel.

Tidak kalah penting adalah RAM yang terpasang sudah DDR4 berkapasitas hingga 32GB. Untuk penyimpanannya sendiri ada SSD PCle 4.0 yang berkapasitas hingga 2TB. Fitur semacam MUX Switch atau multiplexer switch dengan NVIDIA  Advanced Optimus juga sudah tersedia.

Teknologi MUX Switch ini merupakan mikrochip yang berfungsi sebagai sakelar di mana bisa membantu mengubah aliran data pemrosesan grafis dari GPU ke layar. 

Karena laptop gaming harus bekerja lebih banyak, ASUS menaruh pendingin atau Cooling System dengan 5 heatipe berbahan tembaga yang mengadopsi 4 jalur udara panas untuk mendapatkan pendinginan yang maksimal.

Untuk ketahanan baterai TUF Gaming F15 berkapasitas 90Whr yang biasanya dapat bertahan di angka 6-8 jam. Fitur pengisian cepat menjadi daya pikatnya tersendiri karena tersedia melalui USB Type C.

Bagaimana dengan port? Sangat lengkap diantaranya audio combo jack, Kensington Lock, dua USB 3.2 Gen1 Type-A, RJ45, HDMI 2.1, Thunderbolt4 dengan DP 1.4, dan USB 3.2 Gen2 Type-C dengan Power Delivery dan DP 1.4.

Dukungan WiFi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 dan Bluetooth® 5.2 menambah performa laptop lebih baik lagi untuk urusan konektivitas.

Lalu, performa suara yang tidak kalah mentereng juga karena disediakan Dolby Atmos yang memiliki fitur Two-Way AI Noise Cancelation yang mampu meredam suara bising di sekitar saat pengguna melakukan panggilan video dengan aplikasi semacam Zoom, Microsoft Team, Gooogle Meat dan sebagainya.

Oh ya, ini juga tak kalah penting. Laptop Gaming F15 terbaru sudah mengantongi sertifikasi berstandar militer AS (MIL-STD-810H). Jadi tidak perlu khawatir karena laptop lolos uji ketahanan seperti jatuh, getaran, suhu panas, dingin dan kelembapan.

...

Laptop ASUS TUF Gaming F15 terbaru ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp22.999.000. Karena sudah yang terbaru, tentu lebih kencang dari versi sebelumnya.  Tertarik memboyongnya?

Artikel terkait :

Comments

  1. Harganya mahal ya, Kak. Tapi cocok sih untuk gamer yang butuh laptop dengan processor yang mumpuni.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?