Wisata Kuliner Semarang: Soto Ayam Khas Semarang Pak Man

Bulan Juni kemarin, mendadak tempat makan Soto Bangkong terasa penuh. Padahal sedang ingin makan soto saat itu. Kami lupa jika ada Soto Ayam Khas Semarang Pak Man yang tak kalah legendarisnya juga di Ibu Kota Jawa Tengah. Mari sarapan di sana.

Akhirnya kami memilih Soto Pak Man yang berada di jalan Veteran nomor 26. Untuk diketahui, Soto Pak Man memiliki banyak cabang lainnya. Seperti di Purwosari Raya, Rejosari, Pamularsih, Randusari dan banyak lagi.

Sudah ada sejak tahun 1978

Gimana tidak masuk dalam jajaran legenda jika kehadirannya saja sudah ada sebelum kami lahir.  Mirip dengan Soto Bangkong meski umurnya lebih tua lagi, yaitu 1950.

Nah bagian ini yang terkadang tidak diketahui orang-orang yang jarang makan soto, yaitu lauk pelengkapnya. Terkadang harga sotonya terbilang wajar, namun kita lupa sudah mengambil banyak lauk pelengkapnya seperti sate kerang, perkedel dan lainnya yang harganya dapat di luar ekspetasi.

Soal rasa itu adalah pilihan, kami tidak bisa memberikan ulasan secara detail karena bukan food blogger. Namun tempat Soto Pak Man adalah tempat yang bisa kami referensikan bila sedang berkunjung ke Kota Semarang.

Bukan saja menjadi referensi banyak orang, bahkan Presiden Jokowi pernah makan di sini. Kuahnya yang bening, gurih dan menggunakan daging ayam kampung merupakan ciri khas Soto Semarang.

Tempat Soto Pak Man di Veteran ini punya 2 ruangan. Kami memilih yang di luar saja. Untuk yang ingin lebih private bisa ambil tempat duduk di dalam.

Apakah bisnis tempat ngopi ini masih bagian manajemen Soto Ayam Pak Man? Kami tidak tahu karena hanya melihat spanduk yang membentang saja. Namun bila iya, tentu itu menarik. Khususnya daerah jalan Veteran yang sekarang diberlakukan satu arah. Lho, lupa pasang watermark di gambarnya.

Bonus! Ada kucing sedang tidur di sana. Momen lucu dan menggemaskan, bukan. 

...

Kami tidak membahas bagaimana sejarahnya karena kami pikir itu sudah banyak yang menuliskannya. Tinggal cari di google, maka langsung dapat. Soto Ayam Khas Semarang Pak Man baru satu tempat yang kami kunjungi, cabang lainnya? Entahlah.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?