Semangat Toleransi Usai Sholat Id Idulftri 1443 H di Masjid Agung Jawa Tengah

Apakah ini pertama kalinya kami melihat momen ini? Entahlah, kami sudah mengecek postingan blog di masa lalu dengan tema yang sama. Tapi tak ada satu pun. Atau kami lupa saja? Sebuah kekaguman karena melihat langsung dari dekat. Indahnya toleransi.

Lebaran tahun 2023 ini jatuh pada tanggal 22 April 2023. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) jadi tujuan kami melaksanakan ibadah sholat id. Semua tampak biasa awalnya. Bahkan, kami merasa jamaah yang berada di plataran tidak sebanyak beberapa tahun lalu.

Usai sholat setelah ceramah, niat kami yang ingin mengabadikan momen orang-orang bersalam-salaman mendadak berubah menjadi sangat antusias. Orang-orang berkerumunan dengan tangan memegang kamera. Tampak awak media juga terlihat di sana.

Terlihat ada pastur dan para pemuka agama yang tidak ragu mendekati untuk sekedar bersalaman di luar bangunan utama. Saat itu, rasanya hanya ada rasa kagum dan hormat untuk apa yang dilakukan para pemuka agama.

Pemandangan yang jarang kami lihat meski Kota Semarang juga termasuk dalam 10 kota paling toleran versi SETARA Institute dalam laporannya bertajuk Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2022. 

Meski bukan yang pertama dalam daftar, tetap saja Kota Semarang yang berada diurutan ke-7 adalah kota yang terus menyebarkan semangat toleran.

Terbaru, semangat toleran kembali ditunjukkan pada akhir bulan April kemarin saat menggelar acara arak-arakan yang rutin dilaksanakan tiap tahun, yaitu Karnaval seni Budaya Lintas Agama dan Pawai Ogoh-ogoh.

...

Kami beruntung masih bisa melihat pemandangan semangat toleransi seperti ini. Momen yang tak mungkin kami lupakan karena rasanya sangat indah. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?